9 Makanan Pedas Khas Korea yang Top

Berita196 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Tren makanan pedas ala Korea Selatan digemari banyak masyarakat Indonesia karena rasanya yang khas dan lezat. Makanan pedas ini biasanya ditampilkan dalam drama Korea dan dibuat konten oleh para food vlogger Korea maupun Indonesia.

Tidak heran, dalam beberapa tahun terakhir Korea Selatan menjadi terkenal sebagai tanah K-pop, K-drama, K-beauty, kuliner pedas khasnya. Dari kimchi hingga tteobokki khas Korea Selatan memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Berikut deretan makanan khas Korea Selatan yang wajib Anda coba:

Kimchi bagian dari diet orang Korea (Pixabay)

1. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan pedas sekaligus asam yang terbuat dari kol yang difermentasi (tetapi bisa juga dibuat dengan sayuran lain. Kimchi memiliki rasa yang unik, serta nilai gizinya yang tinggi dan kandungan kalori yang rendah. Selain itu, kimchi juga cocok disajikan dengan hidangan apapun.

2. Banchan

Banchan menjadi serangkaian makanan pembuka yang bisa dipesan dengan rasa pedas dengan menambahkan gochugaru. Makanan pembuka satu ini seringkali disajikan di meja restoran Korea Selatan. Biasanya makanan ini disajikan minimal 5 hingga maksimal 20, tetapi setiap restoran menyajikan sebanyak yang mereka inginkan, termasuk tambahan semangkuk sup atau nasi kukus.

3. Ramyeon

Ramyeon merupakan salah satu makanan rumahan favorit Korea Selatan, dengan rata-rata orang mengonsumsi 80 hingga 90 bungkus setiap tahun. Ramyeon terdiri dari mie keriting kering, sayuran beku-kering dan satu bungkus sup bubuk dengan rasa pedas. Cara memasaknya yakni dalam air mendidih untuk membuat makanan yang cepat dan enak. Ramyeon dibuat dalam berbagai rasa dengan topping tambahan.

4. Bibimbap

Sajian unggulan masakan Korea terdiri dari nasi, sayuran berbagai jenis, daging cincang, dan telur yang biasanya dibiarkan mentah yakni bernama bibimbap. Bibimbap dianggap sebagai salah satu hidangan tersehat di dunia karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Biasanya, makanan ini juga bisa ditambahkan saus pedas untuk menambah cita rasa.

Baca Juga  Mitos atau Fakta, Pakai Retinol di Cuaca Panas Bikin Iritasi Kulit?

Biasanya, bibimbap disajikan di dalam mangkuk batu atau aluminium sedemikian rupa sehingga tidak cepat dingin. Kota Jeonju menjadi rumah dari bibimbap, sampai-sampai sebuah festival juga didedikasikan untuk hidangan ini. Salah satu khas dari bibimbap Jeonju adalah nasinya tidak dimasak dengan air melainkan dengan kaldu.

5. Tteokbokki

Iklan

Makanan pedas tteokbokki terdiri dari nasi yang sangat berserat dan kenyal yang dibumbui dengan saus yang sangat pedas dan biasnaya disajikan di restoran maupun penjual makanan di pinggir jalan (street food) Korea Selatan. Tteokbokki biasanya dinikmati dengan sebotol makgeolli dan anggur beras Korea.

6. Odeng

Odeng merupakan makanan khas Korea Selatan semacam panekuk ikan yang disajikan dengan kaldu ikan yang bisa dipilih rasa pedas atau tidak. Di Korea Selatan, biasanya odeng dijual di jalan dan di pasar. Biasanya makanan ini disajikan bersama segala jenis gorengan yang dapat dimakan dengan santai.

7. Tokkebi

Salah satu makanan jalanan yang paling disukai oleh orang Korea yakni makanan serupa hot dog yang dilapisi dengan kentang goreng. Biasanya tokkebi dijual dengan saus pedas juga mayonnaise untuk menambah cita rasa yang semakin lezat.

Jungkook BTS mengunggah foto dan resep ramen buatanya. (Weverse)

8. Ramen

Ramen merupakan mie kuah Jepang yang dibuat dengan mie gandum dan berbagai topping gurih. Tidak seperti ramyeon, Ramen ini biasanya dibuat segar dengan bahan dan persiapannya sangat hati-hati. Makanan ini disajikan dengan kaldu khusus dan biasanya ditawarkan berbagai macam jenis seperti miso dan shoyu yang juga dapat dibuat dengan rasa pedas.

9. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae merupakan sup kimchi yang sangat terkenal dan dicintai di Korea Selatan. Makanan ini secara tradisional dibuat dengan daging babi, kimchi, dan tahu. Dengan rasa pedas, sup ini menggunakan jenis kimchi khusus yang difermentasi hingga batas tertentu untuk mendapatkan cita rasa terbaik dalam makanan pedas satu ini.

Baca Juga  Viral Konten Jilat Es Krim ala Film Bokep, Oklin Fia Dikecam Penistaan Agama

Pilihan Editor: Doyan Makan Kimchi dan Tteobokki Itu Bagus Buat Kesehatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *