Apa Betul Shin Tae-yong Goodbye dari PSSI, Digantikan Pelatih Persija Jakarta?

Berita219 Dilihat

Informasi ini tidak mampu memberikan kejelasan seperti judul videonya.

Shin Tae-yong adalah pelatih kepala Persatuan Sepak Bola Seluruh  Indonesia atau PSSI, mempersiapkan Timnas U-20 untuk Piala Dunia 2023 di Tanah Air yang sayangnya dibatalkan.

Beredar kabar bahwa coach kepala PSSI itu pamitan dan akan digantikan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Pemberitaan diunggah di kanal YouTube oleh akun bernama JENDERAL TIMNAS.

Berjudul “STY PAMITAN!! Thomas Doll Gantikan Shin Tae Yong ~ Pemain Ajax Gabung Timnas U-17” dengan foto thumbnail Thomas Doll, pemain naturalisasi yang dikabarkan pembuat video akan dinaturalisasi,serta Shin Tae-Yong tengah berpelukan dengan Ketua Umum Erick Thohir.

Benarkan klaim dari video ini?

Thomas Doll – Persija Jakarta (sumber: dok. Persija)

CEK FAKTA

Tidak benar atau terbukti salah bahwa Shing Tae-Yong say goodbye dari Indonesia karena kontrak mengasuh Timnas U-20 yang dijadwalkan tanding di FIFA Piala Dunia 2023 batal dilaksanakan di Indonesia.

PENJELASAN

Baca Juga:Foto Jadi Bukti Kuat di Pengadilan, Penyintas Penderaan Seksual Ini Ambil Gambar Pakai Ponsel Saat Bapak Tirinya Lakukan Hal Tidak Senonoh

Metro Suara.com mengadakan pengecekan judul dan konten video, hasilnya adalah sebagai berikut:

* Judul “STY PAMITAN!! Thomas Doll Gantikan Shin Tae Yong ~ Pemain Ajax Gabung Timnas U-17” hanya tipu-tipu untuk membuat penonton terkecoh alias click bait.
Fakta: sampai saat ini tidak ada sumber valid atau kredibel menyatakan Coach Shin Tae-yong melakukan pamitan. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber kredibel, termasuk kanal Bola Suara.com disebutkan bahwa kontrak empat tahun Shin Tae-yong bersama PSSI untuk menangani Timnas Indonesia yang mestinya rampung Desember 2023 telah diperpanjang hingga Piala Asia 2023 yang berlangsung 12 Januari-10 Februari 2024.

* Cek konten video ini, tertulis di judul “STY PAMITAN!! Thomas Doll Gantikan Shin Tae Yong …”.
Fakta: perhatikan kata “pamitan” jelas-jelas tertulis di judul, di video pada menit 0:53 narator “menjawab” sendiri bahwa judul tidak benar lewat kalimat “Thomas Doll menyatakan tertarik … tidak akan dilakukan dalam waktu yang dekat pasalnya masih menjadi pelatih klub Persija Jakarta hingga 2025.”

Baca Juga  Sosok Menteri yang Mencetus Sistem Zonasi dan Alasan di Balik Penerapannya dalam PPDB

KESIMPULAN

Video berjudul “STY PAMITAN!! Thomas Doll Gantikan Shin Tae Yong ~ Pemain Ajax Gabung Timnas U-17” memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Baca Juga:Berkat Lemparan Bola Mautnya, Pratama Arhan Langsung Gabung Klub Inter Miami dan Disambut Lionel Messi?

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *