Benarkah Barikade Istana Rontok Diterabas Mahasiswa Demo yang Meminta Presiden Joko Widodo Mundur?

Berita209 Dilihat

Sebuah disinformasi berita tentang kericuhan mahasiswa masuk istana.

Berita yang salah soal adanya aksi mahasiswa menerobos masuk ke Istana Negara untuk memaksa Presiden Joko Widodo mundur diembuskan lewat kanal YouTube.

Yaitu lewat sebuah akun bernama RAKYAT JELATA yang mengunggah video berjudul “AKSI TURUNKAN JOKOWI RICUH! BARIKADE APARAT JEBOL, MAHASISWA TEROBOS MASUK ISTANA PAKSA JKW MUNDUR”.

Foto thumbnail adalah kolase berbagai foto demonstrasi dilengkapi spanduk antara lain tuntutan kepada Presiden. Klimat penyertanya “AKSI TURUNKAN JOKOWI RICUH! BARIKADE APARAT JEBOL, MAHASISWA TEROBOS MASUK ISTANA PAKSA JKW MUNDUR!!”.

Apakah ada nilai kebenaran dari unggahan video pada 5 Juli 2023 itu?

CEK FAKTA

Video ini tidak benar, atau dengan kata lain memiliki unsur mengandung kesalahan. Nilai valid dan kredibel rendah.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran dan hasilnya video hanya berisi hasil editan kumpulan video yang disertai narasi menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai barikade aparat jebol karena aksi mahasiswa yang memaksa Presiden Joko Widodo mundur.

Video pertama identik dengan demonstrasi buruh yang diliput di akun Youtube Official iNews pada 30 November 2021 dengan judul “Demo Kenaikan Upah, Anies Baswedan Temui Massa Buruh #iNewsPagi 30/11”.

Video kedua identik dengan liputan Official iNews pada 15 September 2018 dengan judul “Prabowo Subianto Tak Setuju Debat Capres Pakai Bahasa Inggris – iNews Pagi 15/09”.

Video ketiga adalah video Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pulau Rinca yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden pada 21 Juli 2022 dengan judul “Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, 21 Juli 2022”.

Video lain yang dicuplik adalah video yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan dalam video.

Baca Juga  Usai Bertemu Frank Wormuth, PSSI Bilang Banyak yang Perlu Dibenahi dari Timnas U-17 Besutan Bima Sakti

Dengan menyimak hasil periksa, maka video berjudul “AKSI TURUNKAN JOKOWI RICUH! BARIKADE APARAT JEBOL, MAHASISWA TEROBOS MASUK ISTANA PAKSA JKW MUNDUR” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *