Benarkah Menko Polhukam Berikan Bantuan Kepada Rocky Gerung Sehingga Bebas dari Hukuman Penjara?

Berita213 Dilihat

Informasi menyesatkan tentang Mahfud MD pasang badan untuk Rocky Gerung.

Telah terjadi disinformasi berita yang menyatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD yang pasang badan sehingga Rocky Gerung tidak perlu mereasakan hukuman bui.

Berita ini disebarkan via Facebook dengan nama akun pengguna Perspektif yang mengunggah video berjudul “Kabar Baik Buat Pendukung R0ky Gerung, Gak Bisa Di Jer4t Hvkum An4lisa Hukvmnya Menurut Mahfud M-d”.

Foto thumbnail adalah wajah Mahfud MD dan Rocky Gerung dikeliling wartawan dengan tulisan penyerta “GILIRAN MAHFUD MD PASANG BADAN ROCKY GERUNG DIPASTIKAN LOLOS DARI JERAT HUKUM”.

Benarkah informasi yang disebarkan oleh akun ini dalam bentuk video?

CEK FAKTA

Salah atau tidak benar, tidak ada data valid mendukung kebenaran dari materi video ini.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id  melakukan penelusuran dan hasilnya:

* Foto thumbnail video hasil editan.

Thumbnail pada video yang menampilkan sosok Mahfud MD bersebelahan dengan Rocky Gerung tetapi gambar sebenarnya adalah Mahfud MD dengan Erick Thohir, gambar identik diunggah inakoran.com, artikel berjudul “Mahfud MD Sebut Pemerintah Ikut Bersemangat dan Dukung R20”.

* Isi video adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

* Narator dalam video hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Mahfud MD: Kasus Rocky Gerung Delik Aduan, Pak Jokowi Tak Mau Mengadu”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Mahfud MD yang sedang melakukan wawancara identik dengan unggahan video oleh kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul video “Presiden Jokowi Enggan Laporkan Rocky Gerung, Mahfud MD: Ini Delik Aduan”.

Dengan demikian, klaim tentang Mahfud MD pasang badan untuk Rocky Gerung agar lolos dari hukuman penjara dalam video berjudul “Kabar Baik Buat Pendukung R0ky Gerung, Gak Bisa Di Jer4t Hvkum An4lisa Hukvmnya Menurut Mahfud M-d” adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Baca Juga  Suami Lecehkan Anak Sendiri, Pinkan Mambo Mulai Urus Perceraian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *