Berkat Lemparan Bola Mautnya, Pratama Arhan Langsung Gabung Klub Inter Miami dan Disambut Lionel Messi?

Berita217 Dilihat

Bukan main, pemain Timnas Indonesia ini sampai disambut Bang Messi di Amerika.

Pratama Arhan adalah salah satu pemain Timnas Indonesia yang berlaga mengatasi Timnas Argentina dan Timnas Palestina dalam FIFA Matchday 2023 di stadion Gelora Bung Karno (Jakarta) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Ia terkenal dengan lemparan bola mautnya, dan punya “ritual” mengelap bola pakai handuk agar tidak licin saat dilemparkan masuk ke lapangan.

Beredar kabar bahwa Pratama Arhan direkrut klub sepak bola Amerika Serikat, dan disambut Lionel Messi di Inter Miami. Kabar ini disebarluaskan akun YouTube bernama ISTANA BOLA yang mengunggah video berjudul “SAMPAI DISAPA MEGA BINTANG!! PRATAMA ARHAN DIREKRUT KLUB AMERIKA – NASIB BAIK BERKAT LEMPARAN MAUT”.

Foto thumbnail adalah Lionel Messi, dan Pratama Arhan. Disertai tulisan “PRATAMA ARHAN DIREKRUT INTER MIAMI LIONEL MESSI SAMBUT ARHAN DI AMERIKA”.

CEK FAKTA

Klaim yang disebutkan ini salah atau tidak benar sama sekali. Tidak ada data valid dan kredibel yang menyatakan Pratama Arhan dikontrak klub Inter Miami.

PENJELASAN

Metro Suara.com melakukan penelusuran, dari judulnya saja sudah tidak menunjukkan data valid, selengkapnya:

* Judul tendensius, berbunyi “SAMPAI DISAPA MEGA BINTANG!! PRATAMA ARHAN DIREKRUT KLUB AMERIKA – NASIB BAIK BERKAT LEMPARAN MAUT”.
Fakta: tidak ada sumber kredibel dan valid menyatakan berita ini. Semisal ada pemberitaan menarik pun, pasti dipublikasikan di media kredibel sebagai saluran, bukan di video tidak valid.

* Cek konten video secara singkat, di menit 0:21 narator sudah menurunkan “intensitas” berita, bila di judul disebut “direkrut”, dalam video disebutkan “Pratama Arhan menjadi incaran pencari bakat”.
Logika: inkonsistensi pemberitaan dengan judul sudah jelas menunjukkan nilai tidak kredibel.

Baca Juga  Jurnalis Alami Tindak Kekerasan saat Meliput Pemulangan Pengunjuk Rasa Air Bangis

* Materi video multi-topik, juga tidak sesuai dengan judul.
Logika: juga sebuah inkonsistensi.

KESIMPULAN

Video berjudul “SAMPAI DISAPA MEGA BINTANG!! PRATAMA ARHAN DIREKRUT KLUB AMERIKA – NASIB BAIK BERKAT LEMPARAN MAUT” memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *