Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSSA Malang Berjalan Lancar

Berita215 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 19:43 WIB

Malang – Untuk pertama kalinya Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam. Bayi jenis kelamin perempuan ini bernama Aliyah dan Aisyah buah hati dari S warga Pasuruan, Jawa Timur. 

Baca Juga :

RS Sentosa Surati Ibu yang Diduga bawa Bayi Siti untuk Tes DNA, Tapi Begini Responsnya

Bayi kembar siam berusia 11 bulan ini mengalami kondisi pelekatan pada bagian perut hingga tulang dada. Kabar baiknya, operasi ini sukses dilaksanakan dalam waktu sekitar 1 jam pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Direktur RSSA Malang, Bachtiar Budianto mengatakan, operasi separasi berjalan lancar. Operasi dilakukan sejak pukul 09.05 WIB hingga 10.10 WIB. Suksesnya operasi ini karena persiapan yang matang dengan melibatkan tim ahli dari RS dr Soetomo Surabaya.

Baca Juga :

Meski Terbukti Bukan DNA Anak Kandung, Bayi yang Tertukar Tetap Dirawat Penuh Kasih Sayang

RSSA Kota Malang berhasil lakukan operasi pemisahan bayi kembar siam

“Hari ini kami sudah melakukan tindakan operasi separasi atau pemisahan bayi kembar siam. Tentu operasi pemisahan ada kesulitan. Tapi para dokter ahli dari RSSA Malang dan RS dr Soetomo sudah menyiapkan semuanya dan alhamdulillah bisa mengantisipasi kesulitan yang ada,” kata Bachtiar.

Baca Juga :

Heboh Kasus Bayi Tertukar Selama Setahun, Begini Penjelasan RS Sentosa

Pasca operasi, Bachtiar memastikan kondisi Aliyah dan Aisyah dalam kondisi baik dan stabil. Semua kemungkinan terburuk telah mereka antisipasi. Termasuk, potensi pendarahan dalam proses operasi telah diantisipasi dengan baik. 

Sementara itu, Tim ahli dari RS dr Soetomo Surabaya, dr Purwadi mengatakan bahwa proses operasi 1 jam sesuai terget dan prediksi mereka. Dia memastikan bahwa, proses penjahitan pasca operasi dilakukan dengan hati-hati oleh tim bedah plastik. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *