Paling Keren dari Pidato Presiden di Sidang Tahunan MPR 2023: Lebih Peduli Bangsa Berbudi Pekerti Luhur daripada Hujatan Bodoh Plonga Plongo

Berita196 Dilihat

Ini ucapan Presiden Joko Widodo yang sungguh keren, skakmat langsung semua yang asal bunyi memberikan hujatan.

Menjadi seorang pemimpin, apalagi presiden atau kepala negara bukan hal mudah. Komentar tidak konstruktif, merendahkan, sekaligus tanpa pikir panjang bisa dilontarkan, yang sebenarnya bisa saja dibalik dengan mudah: bila yang mencemooh mendapatkan kesempatan sama sebagai presiden, apakah bisa lebih baik dari yang dihujat? Namun, Presiden Joko Widodo memberikan tanggapan keren sekaligus cerdas. Bisa dicerna dan dimaknai siapa saja, yang ingin menjadi manusia Indonesia seru, tidak mencemooh, namun mengaca kepada diri sendiri sebelum berucap.

Disimak dari cuplikan TikTok, antara lain diunggah akun bernama @jokowiadabersamarakyat_ri dalam bentuk video, tampak Presiden RI Joko Widodo berpidato dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung Kompleks MPR/DPR, Senayan Jakarta.

Dalam rapat yang berlangsung Rabu (16/8/2023) itu, beliau mengenakan baju adat Suku Tanimbar, Maluku.

“Ada yang mengatakan saya ini bodoh, plonga plongo, tidak tahu apa-apa, Firaun, tolol, ya ndak papa. Sebagai pribadi saya menerima saja. Tapi yang membuat saya sedih, budaya santun dan budi pekerti luhur bangsa ini kok kelihatan mulai gila,” paparnya yang mendapatkan tepuk tangan riuh dari para peserta rapat.

Tanpa perlu menyebutkan nama siapa-siapa saja yang mencemooh atau memberikan hujatan tanpa santun, tidak bernas, atau makian “kosong” tanpa nilai atau value, ajakannya adalah mengindahkan budaya ketimuran, sebagai orang Indonesia. Menjadi seseorang yang kritis dan santun berbahasa maupun bersikap dan berperilaku.

Momentum ini tidak saja mengingatkan kembali sederet makian tidak berkelas yang sudah terlontar dan ditujukan kepadanya, akan tetapi dalam skala lebih tinggi: ajakan untuk santun dan beretika yang ditujukan kepada siapa saja yang merasa dirinya Indonesia.

Baca Juga  5 cafe terbaik di kota Makassar versi kami

Sebuah pernyataan keren, tentang menjadi Indonesia seperti cita-cita semua warga Indonesia. Dan makin mengena saat diucapkan beliau dalam momentum Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 Republik Indonesia.

Dirgahayu Kemerdekaan RI, Pak Presiden!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *