PAN Dinilai Cerdik Songsong Pemilu 2024, Berpeluang Jadi Pilihan Anak Muda

Berita231 Dilihat

Jumat, 4 Agustus 2023 – 23:00 WIB

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai cerdik dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang dengan merekrut tokoh-tokoh muda. Hal tersebut membuat PAN berpeluang menjadi pilihan anak muda di Pemilu 2024.

Baca Juga :

Bantah Ada Perselisihan, Cak Imin Segera Temui Ketum PBNU

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin mengatakan, Pemilu 2024 mendatang akan didominasi oleh pemilih anak muda. Maka sudah seharusnya seluruh partai politik juga memperhatikan ceruk suara anak muda.

“Ketika pemilih 2024 didominasi kalangan milenial dan gen z artinya mereka pemilih pemula dan pemilih muda, maka ya salah satu strategi yang harus dilakukan partai termasuk PAN,” kata Ujang.

Baca Juga :

Dudung Bikin ‘Bootcamp KSAD untuk Gen Z’, Gus Fahrur: Membangun Wawasan Kebangsaan

PAN saat ini memang banyak diisi oleh tokoh-tokoh muda atau influencer yang mempunyai daya elektoral kuat. Seperti pengusaha muda asal Surabaya Tom Liwafa, artis Verrel Bramasta, dan Surya Utama atau Uya Kuya.

Selain itu, PAN juga banyak berisi tokoh-tokoh muda santri Nahdlatul Ulama (NU). Hal tersebut membuat PAN dapat menjangkau kelompok muslim muda. Sebut saja ada Gus Ahmad Abdul Qodir dari pondok pesantren Syaikh Abdul Qodir Jailani, Gus Afif dari Pondok pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, dan Gus Sakti itu dari Pondok Pesantren Peta.

Baca Juga :

Donald Trump Sebut Kasus Hukumnya Sebagai Persekusi Politik

Faktor-fakto tersebut juga ditenggarai membuat elektabilitas PAN stabil naik. Hal itu terlihat dari sejumlah hasil survei yang menunjukkan elektabilitas PAN selalu menanjak.

Berdasarkan rilis Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru pada bulan Juni memperlihatkan elektabilitas PAN terus menunjukkan angka yang positif. Raihan elektabilitas PAN sebesar 3,1 persen, melesat dari bulan maret yang berkisar di angka 2 persen.
 
Sedangkan pada temuan survei Indonesia Political Opinion (IPO) bulan Juni, terekam elektabilitas PAN mencapai 5,0 persen. Hasil survei tersebut menunjukkan dukungan kepada PAN terus meningkat berkat perluasan segmen pemilih yang berhasil dilakukan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *