Shin Tae-yong Harap Piala AFF Tak Digelar Lagi: Ganggu Liga 1

Berita202 Dilihat

Pelatih tim nasional U-23 Shin Tae-yong mengakui bahwa turnamen Piala AFF U-23, yang akan kembali digelar pada Agustus mendatang, merugikan kompetisi bola profesional dan perkembangan sepak bola satu negara.

Piala AFF, turnamen sepak bola antara negara-negara di Asia Tenggara, dihelat oleh Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara, tetapi belum diakui sebagai agenda resmi FIFA. Karenanya banyak klub yang enggan melepas pemain untuk bermain membela timnas di ajang dua tahunan ini.

“Pemain-pemain U-23 itu pasti banyak yang bermain di Liga 1 dan tim inti juga di klub mereka masing-masing. Dengan adanya turnamen AFF U-23 ini ya sebenarnya merugikan liga dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara,” tutur Shin Tae Yong seperti dilansir dari Antara, Kamis (10/8/2023).

Meski demikian ia mengatakan bahwa turnamen Piala AFF untuk pemain Usia 20 tahun masih bisa dipahami, karena bagian dari pengembangan pemain.

Baca Juga:Usai Bertemu Frank Wormuth, PSSI Bilang Banyak yang Perlu Dibenahi dari Timnas U-17 Besutan Bima Sakti

“Untuk U-20 oke karena mereka memang harus banyak bertanding, agar bertambah pengalaman di turnamen-turnamen internasional. Tetapi untuk U-23 saya berharap tidak ada lagi untuk ke depannya,” imbuhnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui paham kendala yang dihadapi klub-klub untuk melepas sejumlah pemainnya untuk bergabung mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23.

“Saya bisa mengerti dari pelatih klub-klub seperti apa, karena mempunyai target masing-masing dan prestasi di liga, apalagi pemain yang dipanggil merupakan pemain inti di tim mereka,” kata pelatih Shin usai memimpin latihan di Lapangan Latihan A komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Dalam latihan perdana timnas U-23, hanya diikuti 17 dari total 23 pemain yang dipanggil pelatih Shin. Dengan demikian terdapat enam pemain yang belum mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Baca Juga  Halloween viral tiktok video

Piala AFF U-23 akan berlangsung pada 17-26 Agustus. Pada periode tersebut, klub-klub masih menjalani kompetisi Liga 1 reguler.

Baca Juga:Shin Tae-yong Lobi Persija Agar Melepas Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Dengan situasi yang dihadapi saat ini, Shin memilih untuk fokus pada persiapan tim saja. Apalagi menurut pria asal Korea Selatan itu, pemusatan latihan juga dilakukan untuk mencari pemain untuk ajang kualifikasi Piala Asia U-23.

“Saya tidak mau stres karena pemain yang belum datang, persiapan ini akan fokus ke kualifikasi Piala Asia U-23 September, dengan pemain yang ada saya akan coba memaksimalkan, dan akan cari juga pemain yang baru untuk kualifikasi Piala Asia U-23,” ujar dia.

Dengan waktu persiapan yang mepet, Shin lebih mengintensifkan latihan organisasi, dan sedikit menurunkan tensi latihan fisik.

Selain itu, Shin mengakui bahwa dirinya juga belum mempelajari kemampuan terkini timnas Malaysia dan Timor Leste, yang akan dihadapi timnas Indonesia di Grup B Piala AFF U-23.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *