Thailand Pilih-Pilih Beri Fasilitas Latihan dan Akomodasi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023?

Berita205 Dilihat

Sebuah informasi salah yang diunggah dengan foto thumbnail dari PSSI yang digunakan untuk maksud tidak baik atau tidak benar.

Sebuah disinformasi berita yang berpotensi memicu emosi mengabarkan bahwa Timnas Indonesia untuk kejuaraan AFF U-23 2023 disebutkan dalam kondisi mengenaskan karena mesti berlatih di tempat gelap dan hotel abal-abal.

Informasi salah ini disebarkan lewat kanal YouTube oleh akun bernama Timnas Garuda Team pada Rabu (16/8/2023) dalam bentuk video berjudulTHAILAND MUNDUR Saja Jadi Tuan Rumah !! Timnas Indonesia U-23 Diperlakukan KAYAK GINI di AFF U-23″.

Foto thumbnail adalah Timnas Indonesia yang tengah berlatih di saat malam, kemudian kalimat penyerta adalah “THAILAND KETERLALUAN TIMNAS U-23 SANGAT MENGENASKAN LATIHAN DI TEMPAT GELAP & HOTEL ABAL-ABAL”.

Benarkah konten dari video yang judulnya “menyeramkan” ini?

Foto dari PSSI (pssi.org) yang menjadi foto thumbnail video soal bola, jadi mirip aksi vandalisme karena ditulisi begini rupa demi menguras emosi penonton video (sumber: [screensot YouTube].)

CEK FAKTA

Video ini salah atau tidak memiliki sudut pandang yang benar, tanpa didukung data kredibel dan valid dalam memberikan judul, serta menggunakan foto comotan dari situs asli PSSI untuk keperluan yang salah atau tidak bertanggungjawab.

PENJELASAN

Baca Juga:Sudah Ada Skor Hasil Pertandingan AFF U-23 2023 untuk Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia?

Metro Suara.com melakukan penelusuran foto dan judul, hasilnya adalah:

* Foto thumbnail berasal dari sumber yang benar dan digunakan untuk tujuan yang salah.
Fakta: sumber foto adalah pssi.org atau situs resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Tentu saja tulisan di thumbnail ditambahi begitu rupa oleh pembuat video dengan tujuan agar menarik ditonton dan akhirnya menghasilkan cuan lewat banyaknya pengunjung (traffic) di konten ini.

* Judul video serta kalimat di thumbnail sangat tidak beretika dan tanpa dasar logika.
Fakta: judul dituliskan sebagai berikut “THAILAND MUNDUR Saja Jadi Tuan Rumah !! Timnas Indonesia U-23 Diperlakukan KAYAK GINI di AFF U-23” dan kalimat thumbnail “THAILAND KETERLALUAN TIMNAS U-23 SANGAT MENGENASKAN LATIHAN DI TEMPAT GELAP & HOTEL ABAL-ABAL”.
Logika: seruan atau kalimat “Thailand mundur saja”, “Thailand keterlaluan”, “Timnas U-23 sangat mengenaskan latihan di tempat gelap dan hotel abal-abal” sangat tidak profesional, tidak memiliki unsur sportivitas (yang selalu ditempatkan paling tinggi di dunia olah raga termasuk sepak bola), sekaligus judgemental. Pilihan kalimat ini bukan diambil dari kalimat pernyataan atau penilaian sumber valid atau kredibel, maupun narasumber asli yang bisa didapatkan pembuat video ini. Atau dengan kata lain, kalimat-kalimat ini adalah penilaian sepihak dari pembuat video yang tidak memiliki kapasitas setara narasumber dalam memberikan penilaian dari sudut pandang teknis.

Baca Juga  Gus Miftah Minta Hubungan Denny Caknan dan Happy Asmara Tak Diungkit: Stop Nggak Usah Dibicarain!

* Konten video bisa dipastikan tidak sesuai dengan judul videonya, sehingga tidak perlu diteruskan untuk disimak yang berpotensi memberikan keuntungan bagi video atau kanal itu di sektor page views.

Bisa disimpulkan bahwa video berjudul “THAILAND MUNDUR Saja Jadi Tuan Rumah !! Timnas Indonesia U-23 Diperlakukan KAYAK GINI di AFF U-23” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Baca Juga:AFC Longgarkan Peraturan Sehingga Pemain Timnas Indonesia Jalur Naturalisasi Bisa Menyusul Main di AFF U-23 2023?

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). 

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *