Usai Laga Bola Voli di Sentul Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Kibarkan Bendera Anies Baswedan?

Berita229 Dilihat

Bahkan sektor olah raga voli pun tidak luput dan berita non-kredibel seputar kontestasi Pemilu 2024.

Dua pekan lalu (22/7/2023), berlangsung kejuaraan voli internasional yang menandingkan Timnas Indonesia versus Timnas Vietnam.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, sebuah akun di kanal YouTube bernama LIDAH SLOT GACOR telah mengunggah video berjudul “Pecah Usai Laga Voly Timnas !! Pelatih Pemain Hingga Suporter Kibarkan Bendera Anies Di Stadion Sentul !!”

Foto thumbnail adalah kerumuman sekelompok orang membawa spanduk, dengan kalimat penyerta tumbnail berbunyi “MEDIA COM TONTON LAGA TIMNAS VOLY DI SENTUL USAI PERTANDINGAN PARA PELATIH PEMAIN & SUPORTER KIBARKAN BENDERA ANIES PRESIDEN”.

Dalam klaim ini dinyatakan pelatih, pemain, dan suporter tim nasional voli mengibarkan bendera Anies Baswedan usai pertandingan di Stadion Sentul. Hal ini disebut sebagai dukungan masyarakat untuk pencalonan Anies Baswedan sebagai presiden lewat kontestasi Pemilu 2024.

Benarkah isi video dengan klaim ini?

CEK FAKTA

Tidak benar ada pengibaran bendera Anies Baswedan oleh pelatih, pemain, ataupun suporter setelah kejuaraan voli berakhir di Stadion Sentul itu.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran dan hasilnya narasi dalam video hanya menginformasikan kebersamaan Anies Baswedan, SBY, dan AHY pada saat menonton pertandingan voli Timnas Indonesia.

Tidak ada informasi mengenai pengibaran bendera Anies Baswedan seperti yang tertulis dalam judul dan thumbnail video.

Narasi dalam video identik dengan artikel yang diunggah Kabar24 berjudul “Anies, AHY, dan SBY Tonton Bareng Voli Indonesia vs Vietnam di Sentul Malam Ini”.

Dalam artikel yang diunggah pada 22 Juli 2023 ini isinya tentang kebersamaan Anies Baswedan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika menonton pertandingan voli antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Baca Juga  5 tempat wisata danau Tangerang Selatan terbaru

KESIMPULAN

Video berjudul  “Pecah Usai Laga Voly Timnas !! Pelatih Pemain Hingga Suporter Kibarkan Bendera Anies Di Stadion Sentul !!” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *