Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Daun

Bisnis, Hot414 Dilihat

Manfaat Tanaman Hias Daun

Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Daun. Tanaman hias daun tidak hanya indah dipandang mata, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lingkungan. Tanaman hias daun dapat membantu menyaring polusi udara di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman hias daun seperti sansevieria, palem bambu dan lidah buaya dikenal sebagai penyerap formaldehida yang terdapat pada bahan bangunan.

Selain itu, kehadiran tanaman hias daun dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas kerja. Menurut studi dari Universitas Exeter di Inggris, karyawan yang bekerja di dekat tanaman cenderung lebih bahagia dan produktif dibandingkan dengan mereka yang bekerja di ruangan kosong.

Tak hanya itu saja, menanam tanaman hias daun juga bisa menjadi aktivitas relaksasi bagi Anda sendiri atau bersama keluarga. Selain memberikan hasil visual yang memukau saat tumbuh dengan sehat, merawat tanaman juga berpotensi menjaga kadar stres Anda tetap rendah.

Dengan segala manfaatnya tersebutlah membuat para pencinta rumah hijau semakin gandrung menciptakan indoor garden atau perkebunan mini di dalam rumah mereka!

5 Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai dekorasi dalam ruangan serta memberikan nuansa segar dan hijau pada lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah 5 jenis tanaman hias daun yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah Anda.

1. Monstera Deliciosa
Monstera deliciosa atau dikenal juga dengan nama “daun kupu-kupu” memiliki bentuk daun yang unik dan artistik. Tanaman ini mudah tumbuh di area berpencahayaan rendah, sehingga cocok untuk diletakkan dalam ruangan.

2. Philodendron Green Princess
Philodendron green princess memiliki warna hijau tua pada daunya dengan tekstur kulit seperti beludru, membuatnya terlihat elegan dan anggun saat ditempatkan dalam pot besar.

3. Sansevieria Trifasciata Laurentii
Sansevieria trifasciata laurentii atau lebih sering disebut “lidah mertua” merupakan tanaman hias daun yang populer karena keindahan polanya yang menyerupai garis-garis zebra dan kemampuannya untuk membersihkan udara dari bahan kimia berbahaya.

4. Calathea Lancifolia
Calathea lancifolia memiliki bentuk daun panjang melengkung serta corak abstrak berwarna hijau keputihan, menjadikannya salah satu tanaman hias favorit bagi para pecinta indoor plant.

5. Pilea Peperomioides
Pilea peperomioides merupakan jenis tanaman asal Cina yang kini semakin terkenal sebagai tanaman hias daun. Tanaman ini memiliki bentuk bulat dan datar dengan

Baca Juga  Alasan Doodle Ekonomi Penting bagi Pengusaha

Cara Merawat Tanaman Hias Daun

Cara Merawat Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mempercantik rumah atau kantor. Namun, agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan indah, perlu menjaga kondisi serta memberikan perawatan yang baik. Berikut adalah beberapa cara merawat tanaman hias daun agar tetap segar dan cantik.

1. Menyiram Air Secara Teratur
Air merupakan kebutuhan utama untuk semua jenis tanaman termasuk tanaman hias daun. Pastikan untuk menyiram air secara teratur sesuai kebutuhan setiap jenis tanaman tersebut, jangan sampai kurang atau berlebihan dalam penyiraman.

2. Pemupukan Rutin
Pemupukan juga penting dilakukan pada tanaman hias daun untuk mendapatkan nutrisi tambahan sehingga pertumbuhan bisa lebih optimal dan warna dedaunan menjadi semakin indah.

3. Penyiangan Gulma
Jika ada gulma di sekitar pot atau media tanam tempat menanamkan bunga hias daun, pastikan agen membersihkannya secara rutin karena gulma akan mengambil unsur hara dari media penanamnya sehingga pertumbuhan bunga akan terganggu.

4. Pembersihan Daun Kering
Selalu bersihkan dedaunan kering pada bagian-bagian tertentu agar tidak menciptakan lingkungan lembab dimana jamur mudah berkembang biak.

5. Perhatikan Sinar Matahari
Sebagian besar jenis bunga cocok ditempatkan di area yang terkena sinar matahari pagi hari antara 7-9 am, namun beberapa spesies membutuhkan sinar matahari yang

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa tanaman hias daun merupakan pilihan yang tepat untuk menghiasi rumah atau kantor Anda. Selain memberikan keindahan visual, tanaman hias daun juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas udara dan menenangkan pikiran.

Ada banyak jenis tanaman hias daun yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi Anda seperti Monstera Deliciosa, Philodendron Brasil, Sansevieria Trifasciata Laurentii, Calathea Orbifolia, dan Pilea Peperomioides.

Namun perlu diingat bahwa merawat tanaman hias tidaklah mudah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman hias adalah tempat penempatan yang mendapat sinar matahari cukup namun tidak berlebihan serta pengairan secara teratur dengan jumlah air yang cukup.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi dan kebutuhan dari masing-masing jenis tanaman agar tetap tumbuh subur dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memilih serta merawat tanaman hias daun favorit mereka!

Baca Juga  5 hotel murah di kota Tangerang Selatan terbaru

Untuk informasi lainnya: gomerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *