Cara Tanam Bawang Bombay

Lifestyle311 Dilihat

Apa itu Bawang Bombay?

Cara Tanam Bawang Bombay. Bawang Bombay atau dikenal juga sebagai bawang merah besar adalah jenis bawang yang memiliki rasa manis dan aroma khas. Bahan dapur yang satu ini sering digunakan dalam berbagai masakan, mulai dari tumisan hingga sup. Selain itu, banyak orang juga mengonsumsinya mentah sebagai campuran salad atau saus.

Bentuk bawang Bombay lebih besar daripada bawang merah biasa dan kulitnya cenderung halus dengan warna ungu kecoklatan. Saat dipotong, bagian dalamnya terlihat putih dengan lapisan tipis di antaranya.

Biasanya, untuk membeli bawang Bombay di pasar atau supermarket kamu harus membayar harga yang cukup mahal. Namun, jika kamu menanam sendiri di rumah maka bisa menghemat pengeluaranmu karena biayanya jauh lebih murah dibandingkan membeli langsung dari toko. Yuk simak cara menanamnya pada paragraf selanjutnya!

Cara Menanam Bawang Bombay

Bawang Bombay atau yang dikenal juga sebagai bawang merah besar merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Bagi Anda yang ingin menanam bawang Bombay di kebun rumah, berikut adalah cara-cara sederhana untuk menanamnya.

Sebelum menanam, pastikan bahwa lokasi penanaman memiliki sinar matahari yang cukup dan tanah yang gembur serta kaya nutrisi. Langkah pertama adalah dengan memilih bibit bawang Bombay berkualitas dari toko pertanian terdekat.

Setelah itu, siapkan bedengan dengan lebar sekitar 30 cm dan tinggi 10-15 cm agar akar dapat tumbuh dengan baik. Tambahkan pupuk organik pada lahan penanaman untuk mendukung pertumbuhan bawang Bombay.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam sekitar 2-3 cm kedalam tanah setiap jarak18-20 cm antara satu benih dengan benih lainnya. Taburkan biji-bijian secara merata ke dalam lubang tersebut kemudian tutup kembali menggunakan sedikit campuran media tanam.

Pastikan untuk menyiram bibit setidaknya dua kali sehari hingga waktu panen tiba. Biji akan mulai bertunas dalam kurun waktu seminggu sampai sepuluh hari dan Anda bisa memetik hasil panen ketika daun sudah menguning dan layu.

Itulah cara mudah dan sederhana untuk menanam bawang Bombay sendiri di rumah. Dengan melakukan perawatan secara rutin, tentunya hasil panennya akan lebih melimpah sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.

Baca Juga  Mengenal 2 Fungsi Asuransi dalam Kehidupan Anda

Penggunaan untuk Bawang Bombay

Bawang Bombay merupakan salah satu jenis bawang yang sering digunakan dalam berbagai masakan, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Banyak orang mengetahui bahwa Bawang Bombay dapat memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan.

Namun, penggunaan bawang ini tidak hanya terbatas pada keperluan memasak saja. Bawang Bombay juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Kandungan antioksidannya mampu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Selain itu, minyak esensial dari Bawang Bombay juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi atau gusi. Caranya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak tersebut dengan air hangat lalu berkumur-kumurlah selama beberapa menit sebelum spitting out.

Tidak hanya itu, ramuan herbal dari jahe, madu, lemon serta irisan bawang bombay dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia saat musim flu datang. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan penanganan medis jika flu semakin parah.

Dengan segala manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia maka sangat disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan bawang bombay secara rutin dalam diet harian kita agar hidup lebih sehat dan bugar!

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, menanam bawang Bombay memang tidak sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja di rumah. Selain memberikan manfaat kesehatan yang besar untuk tubuh, bawang Bombay juga sangat berguna dalam masakan kita sehari-hari. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda akan bisa menumbuhkan tanaman yang sehat dan bahkan memiliki panen yang melimpah. Jangan lupa untuk memberi perawatan ekstra dengan menyiramnya secara teratur dan memupuk setiap beberapa minggu sekali.

Sekarang saatnya mulai menanam bawang Bombay di kebun atau pot Anda sendiri! Selamat mencoba!

Baca Juga  Mengetahui Jenis Hewan Endoskeleton

Untuk informasi lainnya: detikfeed.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *