4 Fakta BMKG Sebut 76% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan, Waspada Banjir : Okezone Nasional

Uncategorized57 Dilihat

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan saat ini 76% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan hingga pertengahan Februari 2024.

Berikut fakta yang berhasil dihimpun:

1. BMKG Berikan Peringatan Dini

“Peringatan dini curah hujan tinggi dan potensi banjir Indonesia, dimana hingga Dasarian I Februari 2024 sekitar 76% wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (16/2/2024).

2. Tak Ada yang Berstatus Awas

BMKG mengatakan untuk periode pertengahan Februari 2024, tidak ada wilayah yang memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi awas.

3. Imbauan untuk Upaya Preventif

“Pada musim hujan, dihimbau kepada masyarakat agar mengambil tindakan preventif untuk menjaga kondisi dengan mengkonsumsi makanan dan vitamin, menggunakan pakaian hangat, sedia payung atau jas hujan ketika beraktivitas di luar ruangan, dan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sehingga terhindar dari penyebaran penyakit di musim penghujan,” imbaunya.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Daerah Berpotensi Banjir

Sementara itu, BMKG melaporkan prakiraan daerah yang berpotensi banjir kategori tinggi yakni di Kabupaten Maros jika diklasifikasikan level kecamatan berada di Kecamatan Bantimurung, Kecamatan Bontoa.

Kemudian di Kecamatan Cenrana, Kecamatan Lau, Kecamatan Mandai, Kecamatan Maros Baru, Kecamatan Moncong Loe, Kecamatan Simbang, Kecamatan Tompobulu, Kecamatan Turikale.

Selanjutnya di Kabupaten Gowa yakni di Kecamatan Parangloe, Kecamatan Parigi, Kecamatan Pattallassang, Kecamatan Tombolopau. Kemudian di Kabupaten Pangkep yaitu di Kecamatan Balocci, Kecamatan Monasa Tene. Dan Kota Makassar yakni di Kecamatan Biringkanaya.

Baca Juga  Cupi Cupita Datangi Bareskrim Polri, Diklarifikasi Terkait Judi Online? : Okezone Nasional

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *