4 Konglomerat Indonesia yang Ternyata Punya Klub Sepakbola di Eropa : Okezone Economy

Uncategorized25 Dilihat

JAKARTA – Ada 4 konglomerat Indonesia yang ternyata punya klub sepakbola di Eropa. Apalagi sepakbola kini bukan hanya terbatas pada permainan yang melibatkan tim untuk mencetak gol.

Lebih dari itu, sepakbola kini telah menjadi tempat baru untuk berekspresi dan juga lahan untuk berbisnis.


Ada banyak pengusaha yang perlahan mulai turut terjun ke sepakbola dengan membeli sejumlah saham klub.

Berikut 4 konglomerat Indonesia yang ternyata punya klub sepakbola di Eropa:

1. Hartono Bersaudara

Bos Grup Djarum, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono pernah mengakuisisi Como 1907, yakni klub yang berlaga di Seri C Italia, melalui SENT Entertaiment Ltd pada 2019 lalu.

Sejak dimiliki oleh Grup Djarum, Como 1907 semakin bangkit setelah sebelumnya mengalami kebangkrutan hingga terpuruk. Bahkan kini Como 1907 memiliki pemain-pemain kelas dunia, seperti Cesc Fabregas yang bergabung pada musim panas 2022 dan Thierry Henry yang ikut menjadi pemegang saham klub tersebut.



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Erick Thohir

Nama Erick Thohir memang sudah tidak asing lagi di dunia olahraga apalagi sepakbola. Ketua PSSI periode 2023-2027 merupakan salah satu pejabat pemerintah terkaya saat ini dengan kekayaan mencapai Rp2,31 triliun.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini telah banyak berkecimpung dengan mengakuisisi berbagai klub seperti Inter Milan dan DC United. Namun kini saham Erick Thohir di kedua klub tersebut telah dilepas. Namun dirinya tetap memiliki klub sepakbola dengan menjadi pemilik saham dari klub divisi satu Liga Inggris, Oxford United dan menjadi komisaris di klub Persis Solo.

Baca Juga  Ganjar: Kalau Bangsa Ini Ingin Maju, Korupsi Harus Diberangus sampai Akarnya : Okezone Nasional

3. Wanandi bersaudara

Sofjan Wanandi merupakan orang terkaya ke 65 di Indonesia pada tahun 2021 dengan total kekayaan mencapai USD580 juta. Pemilik Santini grup ini juga dikabarkan memiliki klub di Eropa. Tepatnya di Inggris, Wanandi bersaudara melalui Santini klub membeli saham dari klub Tranmere Rovers yang berkiprah di League One, yaitu dua tingkat di bawah Premier League.

4. Bakrie Group

Bakrie Group memiliki klub sepakbola lain yang berlokasi di Belgia, yakni Cercle Sportif Vise.

Klub yang berbasis di Vise, kota kecil di timur Belgia, ini sempat menjadi pembicaraan di kancah sepakbola nasional. Sebabnya sejumlah pemain muda Indonesia pernah bermain di sana.

Beberapa di antaranya adalah Alfin Tuasalamony, Syamsir Alam, hingga Yandi Sofyan. Banyaknya pemain Indonesia di sana disebut akibat pengaruh Bakrie Group yang saat itu memimpin CS Vise

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *