5 Fakta Harga Beras Masih Tinggi Sampai April 2024 : Okezone Economy

Uncategorized32 Dilihat

JAKARTA – Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium diperpanjang menjadi April 2024. Padahal awalnya, HET terbaru untuk beras premium sampai akhir bulan Maret.

“Bapanas juga sampaikan kepada Pak Presiden agar relaksasi harga beras premium yang sebelumnya Rp13.900 ke Rp14.900 kita minta izin dan disetujui untuk diperpanjang 1 bulan ini,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi usai menghadiri rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.



Berikut adalah 5 fakta HET beras diperpanjang, harga mahal tinggi sampai April 2024, Minggu, (24/3/2024).

1. HET Diperpanjang Agar Stok Beras Terjaga

Arief mengungkapkan perpanjangan HET dilakukan agar stok beras di pasar dapat terjaga relaksasinya.

“Supaya stok yang ada di market terutama di modern market itu dan outlet itu terjaga mengenai relaksasi harga beras,” ungkapnya.

2. Stok Beras Dipertahankan 2 Juta Ton

Arief menyebutkan bahwa stok beras di Bulog akan dipertahankan diatas 2 juta ton. Dan perlu mendorong produksi dalam negeri.

“Produksi kita itu memang harus ditingkatkan. Sehingga stok Bulog itu akan dijaga levelnya diatas 2 juta ton. Kalau kemarin sebelumnya 1,2 ini harus di jaga di atas 2 juta ton. Sehingga produksi dalam negeri jadi penting. Jadi kalau tadi pak mentan menyampaikan ada benih pupuk pompanisasi itu untuk mendorong produksi dalam negeri,” jelas Arief.

3. Pemenuhan Stok Bulog Diprioritaskan Dalam Negeri

Arief juga menjelaskan pemenuhan stok Bulog tersebut diprioritaskan pada produksi dalam negeri. Dsn pengadaan dari luar negeri, katanya, menjadi alternatif terakhir.

“Ketersediaan itu memprioritaskan produksi dalam negeri. Untuk naikan produksi dalam negeri Pak Mentan sudah jelaskan faktornya apa saja. Kemudian kalau memang dirasakan perlu pengadaan dari luar negeri itu akan dilakukan tapi itu adalah alternatif terakhir,” tuturnya.

Baca Juga  Operasi Pekat, Polda Jambi Ungkap 915 Kasus dan Tangkap 1.301 Pelaku : Okezone News

4. Harga Pangan Masih Alami Kenaikan

Beberapa harga pangan di Ramadhan masih mengalami kenaikan. Seperti beras medium, bawang merah, minyak goreng kemasan sederhana, tepung terigu curah, tepung terigu kemasan, hingga ikan-ikanan masih terpantau mengalami kenaikan.

5. Rincian Kenaikan Harga

Melansir data harga pangan di Badan Pangan nasional (Bapanas), Senin (18/3/2024), beras medium hingga kini masih mengalami kenaikan. Rata-rata harganya mencapai Rp14.510 per kg, naik tipis yakni Rp220 atau sekitar 1,54% dibandingkan harga sebelumnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya, harga bawang merah juga terpantau masih mengalami kenaikan harga. Saat ini bawang merah dibanderol seharga Rp36.610 per kg atau naik 7,93% dibandingkan harga sebelumnya.

Komoditas lainnya yang juga mengalami kenaikan harga yaitu minyak goreng sederhana yang kini dipatok Rp20.020 atau naik cukup tinggi sekitar 13,11 persen dibandingkan harga sebelumnya.

Untuk harga beras premium terpantau sudah mengalami kenaikan harga. Saat ini, beras premium itu dibanderol seharga Rp16.120 per kg atau turun sekitar 1,77 persen dibandingkan harga sebelumnya.

Bawang putih bonggol, cabai merah keriting, cabai rawit merah juga kompak mengalami penurunan harga. Ketiga kini masing-masing dipatok seharga Rp37.150 per kg, Rp58.860 per kg dan Rp56.920 per kg.

Kemudian harga daging ayam ras, telur ayam ras dan gula konsumsi juga menurun. Ketiganya kini dibanderol Rp36.500 per kg, Rp29.730 per kg, dan Tp17.700 per kg.

Baca Juga  Istana: Surya Paloh Sampaikan Permohonan Menghadap Presiden Jokowi : Okezone Nasional

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *