6 Kebiasaan Makan Tepat dan Simpel agar Usus Tetap Sehat : Okezone Lifestyle

Uncategorized24 Dilihat

MENJAGA kesehatan usus dan memastikan buang air besar teratur adalah bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mengingat, keseimbangan bakteri baik dalam usus dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Makanya punya dampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa kebiasaan makan yang sederhana tapi tepat, bisa diterapkan sehari-hari untuk menjaga usus tetap sehat dan pencernaan lancar, Mengutip NDTV Food, Minggu (14/4/2024) berikut paparannya.

 BACA JUGA:

1. Konsumsi kismis sebelum beraktivitas: Rendam 3-4 butir kismis dalam air semalaman dan minum airnya di pagi hari. Kismis mengandung banyak serat dan gula alami yang membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

 BACA JUGA:

2. Makan tepat waktu: Usus memiliki siklus alami yang dipengaruhi oleh waktu makan. Makan pada waktu yang tepat setiap hari, membantu usus bekerja dengan lebih teratur dan efisien. Trik ini bisa mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya loh!


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Air biji chia: Minuman sehat untuk pencernaan ini bisa ikonsumsi sekitar pukul 11-12 malam sebelum tidur. Cara membuatnyaa, rendam 1 sendok biji teh chia dalam segelas air dan diamkan selama 15 menit hingga mengembang.

Minuman ini mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak, serta kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

(Foto: Freepik)

4. Cukup minum air mineral: Air mineral membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Ketika tubuh kekurangan air, tinja menjadi keras dan kering, sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menyebabkan sembelit.

Baca Juga  Mencoba Vibe Berbeda, Jelita Jely Kembali dengan Single Cinta Sesungguhnya : Okezone Celebrity

5. Asupan buah dan sayur: Jangan lupa untuk mengonsumsi, setidaknya 2 porsi buah dan banyak sayuran setiap harinya. Buah dan sayur tinggi serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk pencernaan yang sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

(Foto: Freepik)

6. Makanan probiotik: Mengonsumsi yogurt, kefir, dan makanan fermentasi yang sarat kandungan probiotik, bisa bantu menjaga keseimbangan bakteri usus yang sehat.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *