Ada January Effect, Bagaimana Gerak IHSG Awal 2024? : Okezone Economy

Uncategorized68 Dilihat

JAKARTA – Perdagangan saham awal tahun 2024 akan berlangsung pada Selasa (2/1/2024). Optimisme pelaku pasar terhadap kondisi ekonomi domestik tahun politik dipandang mampu mendongkrak kembali lndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tahun politik.



Terlebih adanya fenomena musiman January Effect, berpeluang mengangkat sejumlah ‘big caps’ yang masih tertekan hingga akhir Desember.

 BACA JUGA:

“Ekspektasi akan pertumbuhan ekonomi yang lebih positif di tahun politik 2024, diharapkan dapat memberikan peluang Januari Effect di 2024,” tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, dikutip Minggu (31/12/2023).

Sebagai catatan, January Effect merupakan istilah kenaikan harga sejumlah saham yang merujuk pada aktivitas investor membeli saham setelah harganya anjlok di bulan Desember. JE juga bagian dari optimisme investor menyambut awal tahun.

 BACA JUGA:

Namun, sejatinya indeks komposit telah menguat 6,16% secara year-to-date (YtD) selama Januari sampai Desember 2023. Indeks juga tumbuh 2,71% selama periode 1 – 29 Desember 2023.

“Probabilitas penguatan IHSG di Januari sebesar 58% dari tahun 2000 sampai 2023,” papar Phintraco.

Baca Juga: Kendalikan Keuangan Sejak Dini dengan Satu Kartu Aja!


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penguatan sepanjang tahun dikhawatirkan akan menghadirkan tekanan jual pada awal pekan depan, mengingat secara teknikal terdapat potensi death cross dari indikator Stochastic RSI.

Adapun level support IHSG awal pekan depan berada di Rp7.250, dengan resistance di 7.350, dan pivot di Rp7.300.

Baca Juga  5 Tempat Donasi Barang Tak Terpakai di Jakarta : Okezone Economy

Ekspektasi bahwa bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve akan memangkas suku bunga Fed Rate masih menjadi lokomotif sentimen bagi bursa regional. Indikator FedWatch membawa peluang sebesar 71,4% The Fed akan menurunkan bunga acuan pada Maret 2024.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *