Apakah Kelahiran Anak ke 4 Ditanggung BPJS? : Okezone Economy

Uncategorized92 Dilihat

JAKARTA – Apakah kelahiran anak ke 4 ditanggung BPJS? Hal ini penting untuk diketahui agar para orang tua sudah tahu bagaimana biaya persalinan nantinya, apakah pribadi atau ditanggung BPJS.

BPJS Kesehatan merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan biasanya menanggung biaya persalinan, termasuk juga dengan sejumlah biaya pemeriksaan selama kehamilan. Seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG), pemeriksaan vaksin, hingga proses persalinan.

Terkait dengan pelayanan selama proses melahirkan, tidak ada perbedaan antara peserta BPJS kelas 1, BPJS kelas 2, atau BPJS kelas 3. Ketiganya mendapatkan fasilitas yang sama.

Namun apakah kelahiran anak keempat ditanggung oleh BPJS? Dikutip dari catatan Okezone, Senin (11/12/2023) berikut penjelasannya.


Follow Berita Okezone di Google News


Biaya persalinan anak ke-4 tetap berhak mendapatkan pelayanan dan pembiayaan dari BPJS Kesehatan. Asalkan Tindakan sudah memiliki dasar rujukan baik dari dokter atau pihak rumah sakit.

Untuk layanan persalinan Sesar, ibu hamil perlu mendapatkan rujukan dari dokter atau rumah sakit yang menanganinya. Jika operasi Caesar dilakukan atas kemauan ibu tanpa diagnosis dokter, maka BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya persalinannya tersebut.

Ada beberapa cara untuk prosedur layanan BPJS Kesehatan untuk melahirkan

1. Mengunjungi pemeriksaan kehamilan di fasilitas Kesehatan 1 sesuai yang terdaftar pada kartu BPJS. Faskes 1 meliputi klinik, puskesmas, dan praktek dokter keluarga.

2. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti, KTP asli dan fotokopi, kartu BPJS asli dan fotokopi, buku Kesehatan atau pemeriksaan ibu dan bayi, serta surat rujukan dari faskes.

Baca Juga  Ternyata Ini Makanan Asli Indonesia yang Pertama Kali Justin Hubner Santap Usai Resmi Jadi WNI : Okezone Bola

3. Surat rujukan hanya akan didapatkan bila ibu hamil memerlukan perawatan medis tertentu dan fasilitas Kesehatan 1 tidak memiliki peralatan medis yang memadai. Yang bersangkutan akan dirujuk ke rumah sakit yang peralatannya lebih memadai.

4. Ketika menggunakan BPJS, proses persalinan tidak bisa langsung dilakukan rumah sakit kecuali dalam keadaan darurat atau jika ibu hamil sudah memiliki surat rujukan dari faskes 1

Demikian informasi mengenai Apakah Kelahiran Anak ke 4 Ditanggung BPJS.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *