BSSN Serahkan Hasil Investasi Forensik Digital Kebocoran Data KPU : Okezone techno

Uncategorized77 Dilihat

 

JAKARTA – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah menyerahkan hasil investigasi dan forensik digital terkait kebocoran data KPU ke Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri dan KPU. 

Menurut Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra, laporan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti masing-masing pihak, Dittipidsiber dari sisi penegakan hukum dan KPU sebagai penyelenggara Sistem Elektronik.

“Pada hari Sabtu (2/12), pukul 11.00 WIB, BSSN telah menyerahkan laporan hasil investigasi dan forensik digital tahap awal kepada Dittipidsiber Polri dan KPU,” kata Ariandi.

“BSSN akan senantiasa melakukan sinergi dan kolaborasi bersama KPU dan Dittipidsiber Polri dalam pengamanan siber pemilu 2024,” lanjutnya.

Dijelaskan bahwa laporan yang diserahkan merupakan hasil analisis dan forensik digital dari sisi aplikasi dan server untuk mengetahui root cause dari dugaan insiden yang terjadi.

Tapi sayang, Ariandi tidak memaparkan secara detail bagaimana hasil laporan investasi yang ditemukan. Tampaknya masih akan menunggu untuk diungkap secara langsung oleh KPU.


Follow Berita Okezone di Google News


Sebelumnya, BSSN melakukan analisis dan forensik digital dari sisi aplikasi dan server untuk menanggapi peretasan yang dilakukan oleh hacker dengan nama anonim Jimbo terhadap situs kpu.go.id.

Diketahui Jimbo memiliki lebih dari 252 juta data KPU dengan sekitar 204 juta data sangat unik, hampir sama dengan jumlah pemilih dalam DPT KPU yang berjumlah 204.807.222 pemilih.

Di dalam data yang didapatkan oleh Jimbo tersebut memiliki beberapa data pribadi yang cukup penting seperti NIK, No. KK, nomor KTP, nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir dan tempat lahir.

Data-data yang bocor juga menyertakan informasi lainnya seperti status pernikahan, alamat lengkap, RT, RW, kodefikasi kelurahan, kecamatan dan kabupaten serta kodefikasi TPS.

Baca Juga  Gempa M3,5 Guncang Kabupaten Jayapura, Pusatnya di Darat : Okezone Nasional

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *