Dubes India untuk Qatar Temui 8 Mantan Perwira AL yang Dijatuhi Hukuman Mati : Okezone News

Uncategorized112 Dilihat

QATAR Duta Besar (Dubes) India untuk Qatar telah bertemu dengan delapan mantan perwira angkatan laut yang telah dijatuhi hukuman mati di Qatar atas tuduhan yang tidak ditentukan.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri India mengatakan bahwa diplomat tersebut bertemu dengan para pria tersebut di penjara pada 3 Desember lalu.




Dia menambahkan bahwa pengadilan di Qatar telah mengadakan dua sidang mengenai banding yang diajukan oleh India terhadap putusan tersebut dan sidang ketiga akan segera diadakan.

Pengadilan Tingkat Pertama Qatar menjatuhkan hukuman mati pada orang-orang tersebut pada Oktober lalu.

Dikutip BBC, India saat itu mengatakan bahwa mereka “sangat terkejut” dan akan menjajaki semua pilihan hukum.

Perintah pengadilan belum diumumkan dan kedua negara belum mengungkapkan tuduhan spesifik terhadap pria tersebut. Financial Times melaporkan, mengutip seseorang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui kasus tersebut, bahwa orang-orang tersebut “dituduh melakukan kegiatan mata-mata untuk Israel”.

Arindam Bagchi, juru bicara Kementerian Luar Negeri India, mengatakan dalam sebuah pengarahan pada Kamis (7/12/2023) bahwa perintah pengadilan bersifat “rahasia” dan hanya dibagikan kepada tim hukum. Dia juga meminta masyarakat tidak terlibat dalam spekulasi mengingat sensitivitas kasus ini.


Follow Berita Okezone di Google News


Dua hari sebelum duta besar mengunjungi para pria tersebut, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi telah bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, di sela-sela KTT COP28 di Dubai. Modi mengatakan di X (sebelumnya Twitter) bahwa kedua pemimpin telah membahas sejumlah isu termasuk “kesejahteraan komunitas India di Qatar”.

Pemerintah India mengatakan bahwa delapan orang tersebut adalah karyawan sebuah perusahaan swasta bernama Al Dahra, namun mereka banyak dilaporkan sebagai mantan personel Angkatan Laut India. Tahun lalu, di parlemen, Menteri Luar Negeri S Jaishankar menggambarkan mereka sebagai “mantan prajurit” negara tersebut. Keluarga beberapa pria juga telah mengkonfirmasi identitas dan latar belakang mereka di Angkatan Laut kepada media lokal.

Baca Juga  Resmi Dampingi Bacapres Perindo Ganjar Pranowo, Ini Profil dan Rekam Jejak Mahfud MD : Okezone Nasional

Penangkapan mereka pada bulan Agustus tahun lalu menjadi berita utama di halaman depan India, namun hanya ada sedikit informasi yang dapat dikonfirmasi mengenai kasus yang menjerat mereka.

Lebih dari 700.000 orang India tinggal di Qatar dan kedua negara memiliki hubungan baik. Namun para pengamat politik mengamati dengan cermat hasil dari kasus ini, dan beberapa orang menyebutnya sebagai ujian bagi kemampuan diplomasi India.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *