F1 Powerboat 2024 Diyakini Bakal Tarik Wisatawan ke Danau Toba : Okezone Sports

Uncategorized34 Dilihat

MEDAN – Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia akan kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga air internasional, F1Powerboat pada 2-3 Maret 2024. Pelaksanaan F1Powerboat yang akan dihadiri para pembalap internasional ini akan menjadi salah satu event pariwisata unggulan di Danau Toba pada tahun 2024.

Sejak penjualan tiket dibuka pada 19 Februari 2024, terpantau ketersediaan tiket mulai menipis. Dengan berbagai ragam acara seperti festival budaya dan UMKM, konser musik dengan band papan atas, serta adanya kompetisi Aquabike Indonesia Championship dan kompetisi Solu Bolon rupanya antusias masyarakat kian bertambah.

Untuk masyarakat yang ingin menonton, tiket masih bisa dibeli secara online di tiket.com dan secara offline di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai pada tanggal 27 Februari 2024.

Tiket F1Powerboat Danau Toba dibagi atas tiga kategori yakni Festival dengan harga Rp200.000, Grandstand A seharga Rp500.000, dan Grandstand B seharga Rp500.000.

Dengan tiket tersebut, pengunjung bisa menikmati serunya pertandingan dan hiburan seperti konser musik yang menghadirkan band-band papan atas Indonesia seperti Wali, Radja, dan Ada Band.

Pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai festival budaya dan UMKM. Juga kompetisi Solu Bolon yang akan diikuti oleh tim-tim dari masyarakat sekitar, dengan hadiah sebesar 250 juta rupiah.

“Kami meyakini F1Powerboat Danau Toba ini akan menarik lebih banyak wisatawan, karena event dikemas dengan beragam acara lain seperti festival budaya dan UMKM, juga penampilan para musisi yang akan acara semakin meriah. Saya harap masyarakat berbondong-bondong dan tidak ketinggalan untuk hadir menyaksikan serta menyukseskan F1Powerboat Danau Toba,” kata Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Sementara Effendi Pohan, Staf Ahli PJ Gubernur Sumatera Utara mengungkapkan dukungannya terhadap event F1Powerboat 2024.

Baca Juga  Orasi Ganjar di Hadapan Ratusan Buruh Tangerang: Ada Regulasi yang Harus Direvisi : Okezone Nasional

“Pelaksanaan F1Powerboat akan memberikan dampak ekonomi yang besar pada Provinsi Sumatera Utara. Karena itu, kami siap untuk membantu pelaksanaan event sehingga bisa terselenggara dengan sukses sehingga berdampak luas pada perekonomian daerah,” ungkap Effendi.

Selaras dengan hal tersebut, Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus, menjelaskan bahwa dengan adanya event-event internasional ini memberikan dampak yang signifikan bagi pariwisata di Danau Toba.

“Tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan di Danau Toba mencapai 1 juta wisatawan, di tahun 2023 naik 100% menjadi 2 juta kunjungan wisatawan. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi pariwisata Danau Toba, tentunya harapan untuk tahun ini F1Powerboat 2024 dapat mendatangkan kunjungan wisatawan lebih dari tahun sebelumnya sehingga target ekonomi juga dapat tercapai,” ujar Poltak Sitorus.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan destinasi pariwisata khususnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya Danau Toba.

Salah satu upaya untuk membangun destination branding dan awareness ialah dengan menyelenggarakan event internasional.

F1 Powerboat 2023

“Mengembangkan destinasi pariwisata butuh sustainable effort sehingga dengan event yang berkelanjutan seperti F1Powerboat ini tentunya akan memberikan impact yang luar biasa serta dampak ekonomi jangka panjang yang dapat mencapai 1,7 triliun,” ujar Maya.

“Tentunya untuk memenuhi kebutuhan wisawatan kita terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak untuk memenuhi segala aspek pariwisata seperti akomodasi, akesibilitas, amenitas, serta fasilitas pendukung lainnya,” tambahnya.

Baca Juga  4 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Karang Papak Garut : Okezone News

F1Powerboat 2024 merupakan kali kedua diselenggarakan di Danau Toba. Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan serangkaian acara yang spesial mulai dari penampilan band-band papan atas, hingga atraksi akrobatik pesawat dari Jupiter Aerobatik Team.

“Kami bangga dapat diberi kesempatan untuk menjadi penyelenggara ajang balap internasional tahun ini. Tentunya kekurangan penyelenggaraan tahun lalu menjadi pelajaran bagi kita dan kami terus melakukan improvement agar penyelenggaraan tahun ini jauh lebih baik,” ujar Samsul Purba.

InJourney terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, Kementerian serta Lembaga, termasuk sinergi dengan BUMN untuk memastikan acara bisa terselenggara dengan lancar dan meriah.

“Kami berharap ajang F1Powerboat dan juga berbagai side event yang diselenggarakan mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung ke Danau Toba,” pungkas Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.


   

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *