Ganjar Usung Kata Usang dalam Debat, TPN: Tentang Pesawat Tempur Mirage : Okezone Nasional

Uncategorized62 Dilihat

JAKARTA – Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengungkap alasan mengapa, Calon Presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menggunakan kata teknologi usang dalam debat pilpres ke-3 di Istora Senayan Jakarta, Minggu 7 Januari 2024.

Dalam debat kemarin, Ganjar mempertanyakan mengapa kementerian pertahanan (Kemenhan) memaksakan untuk membeli pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas Qatar.




“Nah, terkahir data yang menonjol adalah tentang teknologi usang, Mas Ganjar menggunakan kata usang. Teknologi usang ini kami pentingkan untuk dimunculkan Mas Ganjar benar-benar bertanya tentang itu, terutama tentang (pesawat tempur) Mirage,” ucap Andi di media center TPN Ganjar-Mahfud, Senin (8/1/2024).

“Karena pertanyaan Mas Ganjar ke kami sederhana saja, mengapa sesuatu yang 15 tahun ditolak Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono? Juwono Sudarsono dihibahkan Mirage itu tidak mau, sekarang malah beli dalam kondisi bekas yang jauh lebih tua,” sambungnya.

Pertanyaan Ganjar kepada Prabowo menurutnya cukup mendasar, sebab pihaknya telah memiliki data, kalau sebagai besar kecelakaan alusista itu terjadi di angkatan udara. Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bersama ketika harus memikirkan perawatan dari pembelian pesawat tempur tersebut.

“Ada data yang kami sampaikan, tidak sempat muncul di debat, menunjukkan tren kecelakaan alutsista kita masih terus terjadi. Kami punya kecelakaan alutsista dari tahun 1945 sampai sekarang, nanti teman-teman lihat grafisnya silakan dilihat, sebagian besar kecelakaan alutsista, terutama terkait Angkatan Udara,” ucapnya


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Gempa M3,9 Guncang Wula-Waijelu NTT : Okezone Nasional

Dia juga menyoroti, jika harus memaksa untuk membeli Mirage 2000-5, pesawat tersebut menurutnya ketinggalan zaman sebab merupakan generasi ke empat. Yang harus dikejar, kata Andi yakni membeli pesawat generasi ke lima.

“Mirage itu generasi empat, yang kita harus cari adalah pesawat generasi empat setengah atau generasi lima. Kalau pesawat empat setengah yang kita cari itu minimal F-16 Viper atau Block 72, kalau bisa langsung ke F-22 atau F-35 kalau pakai Lockheed Martin. Atau langsung meningkat ke Sukhoi 57 kalau pakai misalnya Rusia, itu yang harus kita kejar,” katanya.

Diketahui, dalam Pilpres ke-3, Ganjar Pranowo menginginkan industri pertahanan dalam negeri diperkuat. Ganjar mengingatkan agar hati-hati dengan jerat utang luar negeri dalam rangka memperkuat alutsista.

“Mohon maaf kaitan dengan utang, no utang, no usang. Sehingga alutsista kita betul-betul kita lakukan transfer teknologi dari dalam negeri,” ujar Ganjar pada debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *