Gempa Guncang Aceh Selatan, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang : Okezone News

Uncategorized102 Dilihat

 

ACEH SELATAN Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 3,7, mengguncang Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Senin (23/10/2023), Pukul 4.51 WIB.




Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang, Sumatera Utara, Agus Riyanto menerangkan, hasil analisa BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.21° Lintang Utara (LU) dan 97.19° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 11 kilometer BaratDaya Kabupaten Aceh Selatan di kedalaman 48 kilometer.

Agus Riyanto menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, sebut Agus Riyanto, gempa bumi itu dirasakan di daerah Aceh Selatan dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan, sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Agus Riyanto kepada MPI, Senin (23/10/2023).


Follow Berita Okezone di Google News


Hingga Pukul 5.02 WIB, pungkas Agus Riyanto, hasil monitoring BMKG menunjukkan, bahwa belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

 BACA JUGA:

Masyarakat, imbau Agus Riyanto, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Cek Perbedaan Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo hingga BP-AKR : Okezone Economy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *