Inflasi Tahunan Capai 2,28% di September 2023, BPS Ungkap Biang Keroknya : Okezone Economy

Uncategorized119 Dilihat

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS)melaporkan bahwa inflasi September 2023 secara tahunan (year-on-year/yoy) sebesar 2,28% terhadap September 2022.

“Tekanan inflasi tahunan ini menurun signifikan pada September 2023,” kata Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti dalam Rilis BPS di Jakarta, Senin (2/10/2023).

 BACA JUGA:

Dia mengatakan, menurut komponen, tekanan inflasi komponen inti secara tahunan terus mengalami penurunan.

Komoditas dominan yang memberikan andil inflasi di antaranya adalah biaya kontrak rumah, emas perhiasan, biaya sewa rumah, upah asisten rumah tangga, ikan segar, dan biaya kuliah akademi/perguruan tinggi.

“Tekanan inflasi tahunan komponen harga yang diatur pemerintah (administered prices) masih tinggi namun menunjukkan tren penurunan sejak Januari 2023,” ungkap Amalia.

 BACA JUGA:

Dia menyebutkan, komoditas yang dominan memberikan andil inflasi selama setahun terakhir adalah rokok kretek filter, rokok putih, rokok kretek, tarif kereta api, dan tarif air minum PAM.


Follow Berita Okezone di Google News


“Komponen harga bergejolak juga kembali mengalami inflasi secara tahunan,” ucap Amalia.

 BACA JUGA:

Adapun komoditas yang dominan memberikan andil inflasi selama setahun terakhir adalah beras, bawang putih, daging ayam ras, kentang, dan tahu mentah.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Presiden Jokowi Beri Update Pembangunan Training Center Timnas Indonesia di IKN: Sudah 20 Persen : Okezone Bola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *