Ini Perbedaan Vokasi atau Diploma dan Sarjana, Berapa Lama Kuliahnya? : Okezone Edukasi

Uncategorized72 Dilihat

JAKARTA – Pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi seringkali menghadirkan dua jalur utama yaitu kuliah pendidikan vokasi (Diploma) dan akademik (Sarjana). Kedua jalur ini menawarkan pendekatan yang berbeda untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Berapa lama kuliahnya?

Dilansir dari laman LP3I, Kamis (14/12/2023) membahas perbedaan mendasar antara kuliah pendidikan vokasi dan akademik yang dapat membantu calon mahasiswa untuk membuat keputusan yang lebih informasional tentang jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka. Berapa lama kuliahnya?

 BACA JUGA:

Beda Vokasi dan Sarjana

Untuk gelar sarjana, membutuhkan 144-160 SKS. Sedangkan untuk pendidikan vokasi, hanya 110-120 SKS. Fokus pendidikan akademik adalah meningkatkan kemampuan riset siswa. Jadi, ketika kuliah selesai, mereka harus menyusun skripsi. Skripsi harus dipertahankan di depan dosen saat sidang.

Mahasiswa vokasi tidak perlu membuat tesis atau mengikuti sidang. Mahasiswa biasanya harus mengikuti magang atau kerja praktek dan menyusun laporan sederhana sebelum lulus dari program vokasi. Pendidikan vokasi berpusat pada kemampuan pada bidang tertentu.

 BACA JUGA:

Jenis pekerjaan untuk lulusan S1 berfokus pada perencanaan dan penelitian karena program sarjana berfokus pada pengasahan nalar. Sebaliknya, pekerjaan untuk lulusan D3 cenderung berfokus pada eksekusi. Misalnya, lulusan S1 bertanggung jawab atas perencanaan proyek, dan lulusan D3 bekerja sebagai eksekutor di lapangan. Lulusan sarjana memiliki keunggulan teoritis, tetapi lulusan vokasi memiliki keunggulan praktis.


Follow Berita Okezone di Google News


Lulusan S1, atau pendidikan akademik, dapat langsung melanjutkan ke strata dua atau gelar magister. Setelah menyelesaikan gelar magister, mahasiswa vokasi harus mengambil kuliah ekstensi, yang berlangsung sekitar dua tahun.

Baca Juga  Ange Postecoglou Minta Tottenham Hotspur Waspada Penuh Hadapi Brighton : Okezone Bola

 BACA JUGA:

Setelah menyelesaikan kuliah ekstensi, mereka dapat mendapatkan S2. Mahasiswa vokasi membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan gelar sarjana daripada mahasiswa pendidikan akademik.

Pendidikan akademik membutuhkan waktu sekitar 3,5 – 6 tahun, dengan rata-rata siswa menyelesaikannya dalam waktu 4 – 4,5 tahun. Sementara itu, mahasiswa vokasi dapat menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 – 5 tahun.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *