Jangan Sepelekan Bersin! Begini Cara Mencegah Flu dan Gejalanya : Okezone Lifestyle

Uncategorized61 Dilihat

BANYAK yang penasaran bagaimana cara mencegah flu di tengah musim hujan? Terlebih, musim hujan yang terjadi belakangan ini kerap disertai angin kencang dan kelembapan yang tinggi.

 

Gejala flu ditandai dengan bersin berulang kali. Selain itu, ada perubahan suhu tubuh dan tersumbatnya saluran pernafasan. Selain itu, badan akan terasa pegal-pegal, terutama di bagian sendi. Gejala lain bisa berupa sakit tenggorokan, batuk hingga badan terasa menggigil.

 

Lantas, bagaimana cara mencegah flu dan penularannya? Simak penjelasan berikut ini:

 

1. Rutin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membasmi kuman penyebab penyakit, termasuk virus flu yang menempel di tangan. Anda disarankan mencuci tangan, terutama sebelum mengonsumsi atau mengolah makanan dan setelah buang air besar atau buang air kecil.

 

Bila tidak menemukan air, Anda bisa mencuci tangan dengan hand sanitizer. Dengan menggunakan hand sanitizer, tangan jadi lebih bersih dan aman bila memegang makanan atau minuman.

 

2. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C, akan memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, salah satu elemen yang dibutuhkan oleh tubuh agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

 

3. Perbanyak Minum Air

Saat gejala flu muncul penting untuk segera minum lebih banyak air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Tidak hanya dengan minum, kamu bisa konsumsi sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan.

 

4. Berkumur dengan Air Garam

Cara alami untuk mengatasi gatal di tenggorokan adalah konsumsi segelas air hangat yang ditambahkan setengah sendok teh garam dapur. Hal ini karena garam mampu menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir serta meringankan iritasi di tenggorokan.

Baca Juga  Kabar Duka! Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia : Okezone Nasional

 

5. Semprot Hidung yang Tersumbat

Saat gejala flu baru muncul, maka kamu harus memastikan hidung bersih dan tidak mampet. Semprot hidung yang mengandung saline bisa kamu gunakan sehingga gejala tidak berkembang semakin parah.

 

6. Istirahat yang Cukup

Faktanya, tubuh tidak mampu melawan virus dengan lebih baik jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah gejala muncul, sebaiknya segera beristirahat. Agar semakin nyenyak, kamu bisa terlebih dahulu mandi dengan air hangat guna meningkatkan kualitas tidur.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Penuhi Kebutuhan Gizi.

Pola makan sehat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, serta sayuran berwarna yang kaya antioksidan.

 

8. Konsumsi Obat

Untuk melawan rasa sakit, kamu bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen selama dua jam ke depan. Kamu juga bisa konsumsi obat-obatan alergi seperti zyrtec dan benadryl, dapat membantu meredakan gejala seperti hidung meler dan mata berair. Sementara untuk membersihkan sinus, kamu bisa menggunakan obat yang mengandung dekongestan.

 

9. Lakukan Latihan Fisik Ringan

Istirahat memang disarankan. Namun saat gejala awal flu muncul kamu juga bisa melakukan sedikit latihan fisik ringan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Flu dapat dengan mudah menyebar melalui bersin dan batuk. Agar tidak menulari keluarga, teman dan orang lain, pastikan untuk selalu mencuci tangan dan menggunakan masker saat bepergian.

Baca Juga  Bertemu Tokoh Adat di Jayapura, Ganjar Pranowo Didoakan Jadi Presiden 2024 : Okezone News

 

Itulah sembilan cara mencegah flu dan penularannya. Dapatkan produk kesehatan lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

 

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *