Kaleidoskop 2023 : Piala Dunia U-17 Turut Gairahkan Pariwisata Indonesia : Okezone Travel

Uncategorized69 Dilihat

INDONESIA untuk pertama kali dalam sejarah sukses jadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Event sport tourism terkemuka ini jadi berkah karena turut menggairahkan pariwisata Indonesia dengan menarik banyak kunjungan wisatawan.

Piala Dunia U-17 2023 diikuti 24 tim dari enam konfederasi di dunia. Dimulai dari 10 November hingga 2 Desember 2023. Ada empat stadion yang jadi venue penyelenggaraan, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang sekaligus jadi tempat pembukaan. Selanjutnya Stadion Manahan Solo sebagai lokasi penutupan event. Kemudian Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Terakhir Jakarta International Stadium (JIS) yang merupakan stadion paling banyak dipakai untuk pertandingan.

Piala Dunia U-17 2023 bukan hanya pertama di Indonesia, tapi juga Asia Tenggara. Sedangkan di Asia, ini yang keenam kali diselenggarakan.

Lantas, bagaimana geliat pariwisata Indonesia imbas penyelenggaraan Piala Dunia U-17?

 BACA JUGA:

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengakui bahwa Piala Dunia U-17 sangat berkontribusi menggairahka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun ini melampaui target salah satunya karena adanya Piala Dunia U-17, di samping event lain yang juga banyak menarik pelancong seperti MotoGP Mandalika, konser Coldplay, dan lainnya.

 

Stadion JIS (Okezone.com/Wikanto Arung)

Kemenparekraf awalnya menargetkan bahwa ada 10.000 sampai 18.000 penonton hadir di setiap pertandingan Piala Dunia U-17. Ternyata target tersebut jauh melampaui.

“Jumlah penonton Piala Dunia U-17 juga menggembirakan di atas target total mendekati angka 400.000,” kata Sandiaga di Jakarta akhir November lalu.

Para turis yang datang menonton Piala Dunia U-17 turut memberikan kontribusi ekonomi ke Indonesia antara USD50 juta hingga USD75 juta.

 BACA JUGA:

Baca Juga  7 Tips Traveling Bugar saat Berpuasa, Dijamin Full Senyum Bebas Dehidrasi : Okezone Travel

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengakui Piala Dunia U-17 turut meningkatkan okupansi hotel terutama di kota-kota yang jadi pusat penyelenggraan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.

Ketua PHRI Jawa Timur, Dwi Cahyono mengakui bahwa hotel-hotel di Surabaya terutama yang dekat dengan Stadion Gelora Bung Tomo jadi primadona bagi penonton Piala Dunia U-17.

“Pasti berdampak baik pada okupansi, seperti ring satu dekat stadion diharapkan bertambah 20 persen bisa sampai 70-80 persen,” kata Dwi dikutip dari Antara.

 ilustrasi

Penonton Piala Dunia U-17 (LOC)

Piala Dunia U-17 juga jadi ajang mempromosikan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia ke turis. Produk UMKM lokal dijajakan seperti dalam bentuk suvenir ke wisatawan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengakui Piala Dunia U-17 bisa menggerakkan perekonomian khususnya di Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya. “Kita berharap sesungguhnya ini bisa memberikan penguatan ke ekonomi yang lebih luas lagi.”

 BACA JUGA:

Suporter sepak bola bukan hanya datang ke Indonesia untuk menonton Piala Dunia U-17 saja, tapi juga di sela waktu mereka juga berwisata ke tempat-tempat wisata populer. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Kawah Ijen jadi salah satu yang diminati. Banyak juga yang melipir ke Bali.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Piala Dunia U-17 memberikan multiplier effect yang besar utamanya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mulai dari industri hotel, restoran, penerbangan, hingga pelaku UMKM ekonomi kreatif turut andil dan menerima manfaatnya,” kata Angela.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Relawan Ganjar Creasi Asah Kreativitas Generasi Muda Lewat Pelatihan Mesin Bubut : Okezone News

(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *