Kawal Netralitas Prajurit di Pemilu, Agus Subiyanto Bentuk Posko Pengaduan Masyarakat : Okezone Nasional

Uncategorized92 Dilihat

JAKARTA Jenderal TNI Agus Subiyanto baru saja disahkan DPR RI sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono pada Selasa (21/11/2023). Usai disahkan, Agus turut mengomentari terkait netralitas aparat khususnya anggota TNI dalam kontestasi Pemilu 2024. Dia bahkan akan membentuk posko pengaduan masyarakat.




“Kita juga sudah (membicarakan soal netralitas) kemarin dengan panglima TNI Yudo, kick off tentang netralitas TNI. Kita akan membuat posko pengaduan di mana kalau masyarakat melihat TNI tidak netral bisa diadukan ke posko tersebut,” ujar Agus di kompleks DPR RI.

 BACA JUGA:

Tak hanya itu, kata Agus, pihaknya juga telah menyediakan buku saku bagi prajurit. Termasuk, mencantumkan sanksi maupun denda bilamana kedapatan prajuritnya tak netral di Pemilu.

“Kemudian seluruh prajurit sudah kami berikan buku saku khususnya di Angkatan Darat (AD). Jadi kita sudah kita membuat buat buku saku yang bisa dimuat di dalam saku,” paparnya.

 BACA JUGA:

“Sehingga bisa di bawa kemana-mana dan isinya jelas apa yang harus dilakukan dan apa yg tidak boleh dilakukan sesuai dengan UU,” sambungnya.

Adapun, lanjut Agus, nantinya akan ada pidana maupun teguran dari komandan satuannya jika para prajurit tak netral di Pemilu. Sesuai dengan no 34 tahun 2004 serta UU nomor 7 Tahun 2017.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


“Itu kalau maksimal penjara 1 tahun dan denda Rp12 juta rupiah, itu menurut UU, dan selain itu juga para dansus untuk saya perintahkan melakukan penyuluhan tidak hanya buku saku, penyuluhan diberikan. Sosialisasi apa yang harus diperbuat dan yang tidak harus diperbuat,” pungkasnya.

Baca Juga  Link Live Streaming RCTI+ Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 21 Maret 2024: Klik di Sini! : Okezone Bola

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *