Pengalihan Pengobatan Insulin ke FKTP Bisa Hemat Rp1,7 Triliun, Begini Penjelasannya : Okezone health

Uncategorized72 Dilihat

DIABETES menjadi salah satu penyakit kronis yang perlu diwaspadai. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa).

Glukosa dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Untuk itu, penderita diabetes perlu melakukan terapi insulin. Sayangnya, kebanyakan terapi insulin hanya ada di rumah sakit besar.

Pusat kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia (CHEPS UI) mengungkap pengalihan terapi insulin dari fasilitas layanan kesehatan rumah sakit ke puskesmas menghemat biaya penanganan diabetes Rp1,7 triliun per tahun.

“Jika memulai terapi insulin dialihkan dari Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL) ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), maka beban penanganan diabetes pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat dihemat hingga 14 persen atau setara Rp1,7 triliun per tahun,” ujar Lead Researcher Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS) UI Prof Budi Hidayat dalam konferensi pers CHEPS FKM UI di Jakarta, Senin 18 Desember 2023.

Prof Budi menambahkan temuan studi ini mendukung pengalihan pengobatan insulin ke FKTP, sejalan dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh asosiasi PERKENI.

“Hasil studi menekankan pentingnya merealisasikan hasil temuan ke dalam langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti, termasuk perubahan kebijakan seperti menyelaraskan Formularium Nasional dengan PNPK, memastikan kompetensi dan kemampuan fasilitas layanan kesehatan primer, dan memulai reformasi remunerasi di layanan kesehatan primer,” katanya.

Lebih lanjut Prod Budi mengatakan pemberian insulin ini bisa memperkuat fasilitas kesehatan tingkat pertama, tidak hanya berdampak pada biaya saja tapi ke hal lainnya.

Baca Juga  Ramalan Zodiak 12 Maret 2024 untuk Gemini dan Cancer : Okezone Lifestyle


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


“Karena kan insulin hanya ada pada fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan. Padahal pemberian insulin lebih bagus dan efisiensi dana pada JKN apabila dilakukan pada tingkat pertama,” tuturnya.

Ketika pasien diabetes mendapat insulin dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, tentu biayanya akan lebih murah dibanding ke rumah sakit rujukan.

“Belum lagi kalau berbicara akses, di mana fasilitas kesehatan pertama pasti kan dekat dengan tempat tinggal mereka. Jadi, mereka tidak perlu bolak-balik pergi yang jauh ke fasilitas kesehatan lanjutan untuk mendapatkan insulin,” ucapnya.

Menurut Prof Budi, dengan adanya akses pemberian insulin dari fasilitas kesehatan tingkat pertama memberikan dampak positif pada pasien diabetes.

“Mereka akan lebih disiplin dalam melakukan pengobatan. Jadi, diabetes yang mereka derita dapat lebih mudah terkontrol dan bisa mencegah terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung, ginjal kronik, hipertensi, stroke,” kata Prof Budi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *