Pertanyakan Aplikasi Sirekap, Mahfud: Harus Diaudit, Kok Bisa Amburadul Gitu? : Okezone Nasional

Uncategorized37 Dilihat

JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengatakan aplikasi bantu rekapitulasi suara milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sirekap tak hanya dikritisi oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Menurutnya, masyarakat umum juga banyak yang mengkritisi aplikasi itu.

“Bukan hanya TPN ya (yang mengkritisi Sirekap), masyarakat pada umumnya di seluruh Indonesia itu mempersoalkan Sirekap,” kata Mahfud di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Mahfud mengaku heran dengan bagaimana aplikasi Sirekap berjalan. Ia lantas menyebut dirinya setuju dorongan banyak pihak yang meminta Sirekap diaudit.

“Jadi itu supaya diaudit, benar itu, bagaimana kok bisa terjadi amburadul begitu? Berbagai karena kesalahan secara teknologis itu kan ditemukan ada kalo ketahuan salah di sini, pindah ke daerah lain itu kan ada juga. Ada kesalahan input dan sebagainya. Nah, itu sebabnya menimbulkan kecurigaan,” ungkapnya.

Meski mendorong melakukan audit forensik digital, Mahfud menyarankan agar KPU tidak melibatkan lembaga pemerintah. Menurutnya, lembaga independenlah yang cocok untuk melakukan audit ini.

“Menurut saya, bukan lembaga yang berwenang yang mengaudit. Karena ini soal politik dan kepercayaan publik, harus lembaga independen, para ahli IT dari berbagai perguruan tinggi, itu diaudit,” tuturnya.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Punya Tingkat Bahaya Tinggi, Inilah 5 Negara Paling Berisiko Dikunjungi : Okezone Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *