Tanggal 3 Desember 2023 Hari Apa? Cek di Sini : Okezone Lifestyle

Uncategorized79 Dilihat

TANGGAL 3 Desember 2023 hari apa? Pertanyaan hampir di benak banyak orang. Hari ini terjadi momen penting, meski itu bukan hari libur merah nasional.

Salah satu momen yang diperingati adalah Hari Bakti Pekerjaan Umum. Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini.

Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 3 Desember 2023.

1. Hari Bakti Pekerjaan Umum

Tahun Hari Bakti Pekerjaan Umum jatuh diperingatan yang ke-77 tahun. Melansir dari situs Dinas PUPR, Hari Bakti Pekerjaan Umum adalah peringatan untuk menegenang sejarah peristiwa 3 Desember 1945 di Gedung Sate Bandung.

Kala itu, ada perlawanan dari pemuda sekaligus sekelompok petugas menjaga dan mempertahankan Gedung Sate dari pengepungan tentara sekutu (NICA). Gedung Sate pun masih bernama Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat.

Sebanyak 21 petugas yang kala itu bertugas menjaga gedung mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dengan pertempuran yang sungguh tidak seimbang. Akibatnya, ada tujuh petugas PU yang gugur.

Mereka adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Jenazah ketujuh petugas itu tak pernah diketemukan dan kemudian nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Koordinator Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Kerja Nomor: 58/KPTS/MENKO/1965, tanggal 27 November 1965, ditetapkanlah 3 Desember sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum.

2. Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional yang pertama kali dicetuskan pada 1992 melalui Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kembali menjadi fokus perhatian global pada tanggal 3 Desember ini.

Tujuan utama dari Hari Disabilitas Internasional adalah memberikan sorotan pada isu-isu yang dihadapi oleh komunitas penyandang disabilitas dan mempromosikan pemahaman yang lebih dalam serta dukungan masyarakat yang luas terhadap hak-hak mereka. Sejak pertama kali diperingati, perayaan ini telah menjadi panggung bagi berbagai inisiatif dan program untuk memastikan bahwa hak-hak penyandang disabilitas diakui dan dihormati di seluruh dunia.

Baca Juga  Cerita Mahasiswa Lulus Kuliah Manajemen dan Digital Marketing Raih IPK 3,98 : Okezone Edukasi


Follow Berita Okezone di Google News


(end)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *