Ternyata Pilot Punya Kamar Rahasia buat Tidur di Pesawat, Seperti Apa Ya? : Okezone Travel

Uncategorized38 Dilihat

PERNAHKAH terpikir di benak Anda ke mana pilot pergi untuk tidur selama penerbangan? Seorang pilot membuat takut para penumpang dengan mengungkap ruangan yang nyaman, tetapi sesak. Tempat para kapten tidur selama perjalanan jarak jauh.

“Mereka mempunyai pilihan berbeda untuk memilih menutup mata,” jelas pilot Ethiopian Airlines dan instruktur A350, Capt. Tewodros Solomon dalam video yang diunggah ke akun Instagramnya, @captain_tewodros dan telah ditonton 4,9 juta kali.

Dalam cuplikan berikutnya, penonton dibawa ke ruang dengan akses terbatas di belakang kokpit. Dilengkapi dua kursi yang dapat direbahkan.

Di atas terdapat ranjang tidur yang tampak sempit dan tertutup oleh tirai, seperti versi modern dari ranjang tidur di atas kapal galleon abad ke-18.

Kabin tidur siang khusus ini umumnya hanya tersedia pada penerbangan jarak jauh (melebihi 7 jam waktu penerbangan).

Menurut laporan The Points Guy, dalam perjalanan yang lebih pendek, para penerbang biasanya tidur di kursi kelas bisnis yang diperuntukkan bagi kru.

Kamar rahasia pilot (Foto: Instagram/@captain_tewodros)

Tentu saja, banyak netizen yang terkejut dengan tempat tidur pilot. Ada yang melabeli kursi tersebut sebagai ‘klaustrofobia’.

“Bukankah kursinya terlalu sempit?” tanya seseorang.

“Bahu seseorang hampir tidak muat di sana. Sebagai penumpang yang tidak punya pekerjaan, kecuali menonton film tidak apa-apa, tetapi untuk pilot yang bertugas?”

Sementara itu, banyak komentator yang merasa terganggu dengan anggapan bahwa pilot tidur di pesawat.

“Mereka tidur? Ketakutan baru terbuka,” tulis seorang yang khawatir.

“Mengapa mereka tidur selama penerbangan? Mereka dibayar untuk mengemudikan pesawat,” seru yang lain.



Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Partai Perindo Gelar Sembako Murah di Koja, Dihadiri Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo : Okezone Megapolitan


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh netizen yang cerdas, biasanya ada tiga hingga empat pilot selama penerbangan jarak jauh. Memastikan bahwa selalu ada seseorang yang mengendalikan pesawat saat yang lain istirahat, menurut Flight Deck Friend.

“Dua pilot yang sama memegang kendali saat lepas landas dan mendarat. Sementara, pilot lainnya akan mengambil kendali untuk segmen penerbangan. Guna memberikan kesempatan kepada pilot lain untuk tidur. Setidaknya satu pilot harus selalu terjaga dan memegang kendali,” tulis situs tersebut.

Faktanya, tidur di pesawat adalah hal yang terpenting karena berpotensi mencegah pilot tertidur saat mengendalikan pesawat.

Infografis Benda Wajib Dibawa Pilot

“(Kamar tidur) ini memungkinkan mereka mengisi ulang energi sehingga dapat terus menjamin keamanan penerbangan,” jelas Solomon di Instagram.

“Jadi lain kali Anda berada di pesawat, yakin bahwa pilot telah mendapatkan istirahat yang berkualitas agar mereka tetap waspada dan fokus,” tambahnya.

Mengutip New York Post, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mewajibkan pilot untuk tidur siang selama 30 menit selama penerbangan yang berdurasi lebih dari delapan jam.

Selain itu, pilot harus mendapatkan istirahat minimal delapan jam sebelum memulai penerbangan dan mendapat libur 10 jam atau lebih di antara pertunjukan terbang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *