Tips Mencegah Pneumonia, Segera Vaksinasi dan Lakukan Langkah Berikut : Okezone health

Uncategorized55 Dilihat

WABAH Pneumonia yang terjadi di Tiongkok beberapa waktu lalu berhasil menggemparkan seluruh dunia. Penyakit yang diakibatkan oleh virus Mycoplasma pneumoniae itu menyerang sistem pernapasan pada kalangan anak-anak. 

Tidak heran jika di Indonesia sampai mengeluarkan Surat Edaran Nomor PM.03.01/C/4732/2023 mengenai Kewaspadaan terhadap Kejadian Mycoplasma pneumoniae di Tanah Air. Dalam surat edaran itu instansi diminta agar waspada terhadap perkembangan penyakit tersebut.

UNICEF mencatat satu anak meninggal dunia akibat pneumonia setiap 43 detik di seluruh dunia. Kondisi ini menjadikan pneumonia sebagai penyebab utama kematian bayi dan anak melebihi penyakit AIDS, malaria, dan campak. Meskipun dianggap mematikan, pneumonia merupakan salah satu penyakit yang bisa dicegah dan diobati.

“Vaksin PCV dapat diberikan pada anak usia dua, empat, dan enam bulan. Tidak terbatas pada anak-anak, vaksinasi PCV juga termasuk dalam rekomendasi imunisasi dewasa oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Vaksinasi PCV direkomendasikan untuk semua anak dan orang dewasa untuk melindungi masyarakat di Indonesia dari Pneumonia,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Dirga Sakti Rambe dikutip melalui keterangan resminya, Selasa (9/1/2024).

Menurutnya, saat ini di Indonesia sudah tersedia vaksin PCV 13 yang dapat melindungi dari 13 serotipe pneumokokus. Dengan perkembangan teknologi terbaru, kini telah tersedia vaksin PCV 15 yang memberikan perlindungan tambahan untuk dua serotipe pneumokokus.

Lebih lanjut, vaksin PCV 15 ini juga dapat mampu melindungi dari 15 serotipe pneumokokus dan telah mendapatkan izin edar dari Badan POM untuk digunakan di Indonesia. Oleh sebab itu, selain mencegah pneumonia, pemberian vaksinasi PCV juga dapat mencegah penyakit lainnya seperti meningitis, bakteremia, dan otitis yang disebabkan bakteri pneumokokus.

Baca Juga  4 Orang Tewas Lompat dari Apartemen di Penjaringan Ternyata Satu Keluarga : Okezone Megapolitan


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada kesempatan itu dr. Dirga juga memberikan tips pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Selain dengan melakukan vaksinasi, beberapa cara juga dianggap efektif memberikan perlindungan dari pneumonia.

“Selain vaksinasi, masyarakat juga perlu melakukan langkah pencegahan pneumonia dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat, diantaranya mencuci tangan dengan teratur, membersihkan dan mendesinfeksi permukaan yang sering disentuh, menutup mulut dan hidung saat batuk, tidak merokok, dan membatasi kontak dengan asap rokok, serta lebih menjaga kesehatan dengan orang yang imunitasnya lebih rendah,” ucap dr Dirga.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *