Viral Pasien Nahan Kentut Berujung Operasi, Kenapa? : Okezone health

Uncategorized108 Dilihat

KENTUT adalah hal yang alami yang dilakukan seseorang. Pada beberapa kasus mereka mungkin akan merasa malu atau tidak nyaman ketika kentut lebih sering, sehingga mereka mencoba untuk menahannya sampai keadaan lebih aman untuk dikeluarkannya.

Belum lama ini beredar sebuah video seseorang mengeluhkan rasa nyeri perut hebat karena tidak bisa kentut dan Buang Air Besar (BAB) selama tujuh hari. Setelah dilakukan pemeriksaan berupa rontgen pada bagian tubuhnya, pasien tersebut ternyata suka menahan BAB dan jarang sekali mengkonsumsi buah sayur.

 

Dokter sekaligus Health Educator, Muhammad Raihan Habibi menjelaskan hal itu bisa terjadi karena pada bagian usus, udara tidak bisa keluar karena terhalang feses, sehingga berakibat infeksi dan berujung harus melakukan operasi.

 BACA JUGA:

“Hati-hati kalau sudah seperti ini bisa berakibat infeksi dan berujung operasi. Jangan lupa untuk BAB secara teratur dan makan sehat tinggi serat,” kata Raihan Habibi, dikutip dalam akun TikTok miliknya @m.raihanhabibi.

 BACA JUGA:

Dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian mengatakan menahan kentut juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri, tidak nyaman, kembung, gangguan pencernaan, dan maag.


Follow Berita Okezone di Google News


Meskipun sampai saat ini belum ada kasus yang menimbulkan menahan kentut dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia, akan tetapi rasa sakit atau ketidaknyamanan tersebut kemungkinan akan timbul dan semakin parah. Kondisi yang paling umum terjadi terkait dengan kentut adalah gangguan pencernaan, intoleransi makan, dan kanker.

Ketika seseorang menahan kentut, gas akan berpindah dari usus ke rektum lalu keluar melalui anus. Normalnya seseorang akan kentut sebanyak lima sampai 23 kali sehari. Namun, jika Anda merasa kentut Anda berlebihan dan mengalami gangguan pencernaan lainnya, Anda bisa menemui dokter untuk informasi lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga  Ditjen Hubdat: Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Pondasi Utama Jalankan Aktivitas Maritim : Okezone Nasional

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *